Berita

Ka.Kemenag Kotabaru : Pawai Taaruf Sarana Promosi Wisata dan Kuliner Religi

Senin, 29 April 2024 07:07 WIB
  • Share this on:

Tapin  (Kemenag Ktb) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kemenag) Kotabaru Dr.H.Ahmad Kamal, S.HI,M.Ag. memandang kegiatan pawai taaruf ini tidak hanya penting untuk mempromosikan pembacaan Alquran dan memperkuat basis keagamaan masyarakat, namun juga dapat membantu meningkatkan pariwisata.

MTQ dan Pawai Taaruf merupakan sarana untuk mempromosikan tempat-tempat wisata religi di berbagai daerah serta menunjukkan kekayaan budaya, adat istiadat, dan kuliner khas dari berbagai suku dan etnis yang ada di Indonesia khususnya di Kalimantan Selatan”, Katanya, usai mengikuti Pawai Ta’aruf MTQN XXXV Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Tapin, Sabtu (27/04/24).

Menurut Kamal  dalam setiap pelaksanaan MTQ selalu dimeriahkan dengan pawai ta’aruf sebagai wujud ekspresi suka cita MTQ dan untuk menumbuhkan tali persaudaraan serta menyemerakkan Islam yang aman dan damai dengan menjunjung tinggi sikap menghormati terhadap sesama.

“ Pawai Taaruf juga merupakan ajang pengenalan para kafilah peserta Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) dan menjadi moment yang sangat penting dalam pentas kreativitas dalam pelaksanaan MTQ serta membangun rasa persaudaraan , bisa juga membangun dan menjaga budaya Islam yang sudah sejak lama ada”, Ucapnya.

Selanjutnya Ia berharap dengan adanya kegiatan pawai tersebut dapat memberikan hiburan kepada masyarakat dengan berbagai penampilan yang dibawakan para kafilah masing-masing kecamatan. “Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya Islam,” harapnya.

Sementara Kasi Bimas Islam Kemenag Kotabaru yang juga menjabat Sekretaris Umum LPTQ Kotabaru Bahrinnudin, S.Ag mengatakan pawai ta’aruf yang diselenggarakan dalam rangka untuk mempererat tali silaturrahmi diantara peserta, juga sebagai sarana media untuk memberikan informasi kegiatan MTQ sedang berlangsung.

“Melalui pawai ta’ruf ini diharapkan seni budaya Islam akan terus tumbuh dan berkembang dan juga  dapat menarik minat masyarakat untuk datang menyakisikan kegiatan MTQ,” ucapnya.

Pawai ta’ruf dilepas oleh Kepala Biro Kesra Setprov Kalimantan Selatan di dampingi Pj Bupati Tapin dan Kakanwil Kemenag Kalsel yang mengambil star di samping panggung utama dan finis di depan kediaman rumah dinas Bupati Tapin.

Di sepanjang protokol masyarakat sangat antusias menyaksikan berbagai macam pertunjukkan yang dipersembahkan para peserta pawai ta’aruf, terlebih bagi Kafilah Kabupaten Kotabaru yang di sepanjang jalan membagikan makanan khas Kotabaru berupa Amplang.(Rep/Ft:Aan)

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -