Berita

Ka.Kemenag Kotabaru : Nabi Muhammad SAW Merupakan Sosok Uswatun Khasanah

Jumat, 6 Oktober 2023 10:03 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Kepala Kantor Kementerian Agama (KanKemenag) Kabupaten Kotabaru Dr.H.Ahmad Kamal, S.HI,M.Ag menyampaikan Nabi Muhammad SAW merupakan Uswatun Khasanah, karena beliau adalah sosok hamba Allah yang menjadi teladan dalam mendidik umat dan santun sebagai Khalifah dimuka bumi ini.

“Keteladanan Rosulullah SAW yang dimaksud dalam uswatun hasanah adalah hal-hal yang harus ditiru atau dapat dicontoh oleh kita semua, dan kita harus bisa mengajak kebaikan baik lahiriah maupun batiniah kepada saudara kita untuk dapat diimplementasikanah dalam kehidupan ini,” ucapnya, saat menyampaikan tausyiah pada peringatan Maulid Nabi Besar SAW 1445 H, Kamis (05/10/23) di Halaman SMAN 1 Kelumpang Hilir (Serongga).

Dihadapan puluhan siswa siswi, H.Kamal menjelaskan banyak hikmah yang terkandung dalam Maulid Nabi Muhammad SAW yang menjadi teladan bagi kita dalam berbagai aspek kehidupan.

Salah satu hikmah dari ketauladan karakter Nabi SAW yang peduli terhadap fenomena yang ada di sekitarnya sehingga Nabi SAW dicintai dan dihormati sahabat dan umat hingga sekarang.

"Jika sifat, akhlak Rasulullah SAW diterapkan dalam kehidupan ini, misalnya dalam kepemimpinan dalam sebuah organisasi, maka yakin organisasi itu akan berjalan dengan sangat baik dan bisa mencapai tujuan organisasi" Jelasnya.

Ditambahkannya peringatan maulid di SMAN 1 Serongga ini yang bertemakan Semangat Generasi Bangsa Dalam Meneladani Akhlak Mulia Rasulullah SAW Dalam Kebaikan dan Toleransi Dalam Kehidupan Sehari-hari, tema ini memberikan kita tentang akhlak Rasullullah yang mempunyai akhlak mulia serta meneladani empat akhlak mulia yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW, yaitu Sidiq, Amanah, Fathonah dan Tabliq.

“ Salah satu yang paling mudah dilakukan untuk meningkatkan kecintaan terhadap rasulullah yaitu dengan perbanyak membaca shalawat guna mendapatkan syafaat di akhirat nanti” Tutupnya.

Sementara itu Kepala SMAN 1 Kelumpang Hilir (Serongga) Sukerandi, S.Pd,MM dalam arahannya mengatakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini salah satu ekspresi mahabah kita kepada Rosulullah.

“Acara kita ini adalah ekspresi (rasa cinta) terhadap Rosulullah SAW, semoga hal ini termasuk menjadi berkah bagi keluarga besar SMAN 1 Serongga dengan wasilah Rosulullah yang kita cintai bersama, dan terima kasih atas kehadiran Dr.H.Ahmad Kamal selaku Kepala Kemenag Kotabaru yang  berkenan memberikan tausyiahnya.” Ucapnya.

Kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H, dibuka terlebih dahulu dengan pembacaan syair maulid dilanjutkan dengan syarhil qur’an putri dan sosialisasi bahaya narkoba oleh Binmas Polres Kotabaru.(Rep/Ft:Aan).

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -