Berita

Ka.Kemenag Kotabaru : Malam Ta’aruf Adat Sebelum MTQ Dalam Rangka Perkuat Ukhuwah Islamiyah

Sabtu, 27 April 2024 09:06 WIB
  • Share this on:

Rantau (Kemenag Ktb) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.KanKemenag) Kabupaten Kotabaru Dr.H.Ahmad Kamal, S.HI,M.Ag mengatakan Malam Taaruf merupakan rangkaian yang mengawali perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXXV Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang pada tahun ini diselenggarakan di Kabupaten Tapin.

Disampaikannya malam taaruf ini dilaksanakan sebagai malam pengenalan dan saling menjaga silaturrahmi dan pengenalan secara detail menyeluruh dan mendalam dengan seluruh kafilah dalam hubungan manusia dengan Tuhannya dan sesama manusia.

“Malam taaruf ini sudah menjadi adat sebelum MTQ dimulai. Ini untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah,” Katanya, Jum’at (26/04/24) malam, di Rumah Dinas Kediaman Bupati Tapin.

Lebih lanjut H.Kamal mengajak seluruh kafilah untuk membangun persaudaraan, kebersamaan sekaligus menjalin tali silaturahmi dengan para kafilah utusan 13 kabupaten/kota yang berhadir pada malam itu. “Jaga kekompakan dan kebersamaan serta tetap junjung tinggi sportivitas, selama bermusabaqah,” pesannya.

Sementara itu Pejabat (Pj) Bupati Tapin Syarifuddin dalam sambutannya mengatakan, atas nama seluruh pemerintah daerah dan panitia Kabupaten Tapin mengucapkan selamat datang kepada seluruh kafilah dan terima kasih atas partisipasi kepada seluruh kafilah kabupaten/kota yang turut berlaga pada musabaqah tahun ini.

“Malam taaruf ini dilaksanakan merupakan langkah awal agar seluruh kafilah dapat saling mengenal satu sama lain,” ujarnya.

Selain itu Pj Bupati berharap, kegiatan tersebut berlangsung dengan lancar sampai pada penutupan dan menghasilkan para juara juara terbaik yang akan mewakili Kalsel di ajang MTQ Tingkat Nasional yang akan digelar di Ibukota Negara (IKN) yang baru di Kalimantan Timur Tahun ini.

Sebelumnya Kasi Bimas Islam selaku Sekretaris Umum LPTQ Kotabaru Bahrinnudi, S.Ag mengatakan bahwa ada 17 Cabang akan dimusabaqahkan yaitu Cabang Tilawah, Tartil, Qirat Al-Qur’an, Hifzil Qur’an, Tafsir, Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an, Khat dan Makalah Al-Qur’an.

“ Kafilah Kotabaru mengikuti seluruh cabang yang dimusabaqahkan kecuali cabang Tilawah Cacat Netra”, Ucapnya.

Ditambahkan selama di Kabupaten Tapin, Kafilah Kotabaru menempati pemondokan di Rumah Tahfizh dan satu buah rumah penduduk, untuk kekuatan jumlah kafilah Kotabaru sebanyak 100 orang yang terdiri dari 53 peserta 20 orang pelatih, 10 Pendamping dan 17 Official .

“ Semoga seluruh Kafilah Kotabaru dapat menjaga kekompakan dan menjaga kesehatan selama berada di Kabupaten Tapin, untuk peserta agar dapat tampil maksimal dan meraih prestasi”, Harapnya.

Editor:
Tina
Kontributor:
Aan
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -