Berita

Ka.Kemenag Kotabaru Kukuhkan Pengurus BKM Kecamatan Se Kabupaten Kotabaru

Rabu, 18 Oktober 2023 06:48 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.KanKemenag) Kabupaten Kotabaru Dr.H.Ahmad Kamal,S.HI,M.Ag mengukuhkan pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Kecamatan Se-Kabupaten Kotabaru Periode 2023 - 2027, Selasa (17/10/23) bertempat di Aula KanKemenag Kotabaru.

Dalam arahannya Kepala KanKemenag Kotabaru Dr.H.Ahmad Kamal, S.HI,M.Ag mengatakan pengukuhan pengurus BKM tingkat kecamatan adalah kelanjutan dari pengukuhan pengurus BKM Kabupaten/ kota yang telah digelar di Kanwil Kemenag Kalsel 23 Agustus lalu. Dasar kegiatannya adalah Peraturan Ketua Harian BKM  Pusat Nomor 1 Tahun 2023 Tentang Revitalisasi dan Tata Kerja BKM.

“Revitalisasi dalam arti mendorong kerja-kerja terstruktur, sistematis dan masif, sehingga BKM semakin berdaya” Katanya.

Menurutnya BKM mempunyai peran untuk mendukung kemakmuran masjid dan kemajuan jamaah masjid serta untuk meningkatkan peran masjid sebagai pusat ibadah dan pembinaan umat.

Selanjutnya Kamal berharap, usai dikukuhkannya pengurus BKM Kecamatan maka secara de facto pengurus BKM sudah dapat menjalankan tugas dan fungsinya untuk menguatkan peran masjid. Mereka diharapkan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan penuh dedikasi demi kesejahteraan masjid dan umat Islam.

”Dengan pengukuhan ini, diharapkan akan membawa semangat baru dalam mengembangkan masjid sebagai pusat spiritual dan sosial yang mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar”, Pungkasnya.

Senada yang disampaikan Kepala Kemenag Kotabaru, Sementara itu Kasi Bimas Islam Kemenag Kotabaru H.Ramadhan, S.Ag,M.Pd.I dalam keterangannya mengatakan pengukuhan BKM Kecamatan dilaksanakan sesuai Peraturan Menteri Agama (PMA) Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2006 tentang Organisasi Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) sebagai Badan Resmi Kementerian Agama Republik Indonesia. Maka dibentuk Pengurus BKM dari pusat hingga Kecamatan.

“Tujuan dari pengukuhan ini adalah untuk meningkatkan Kesejahteraan Masjid, tantangan BKM dan yang lain adalah bagaimana semuanya bisa berjalan secara harmonis, berjalan bersama dengan organisasi lain yang ada di masjid”, Ujarnya.

Ia menambahkan pengurus BKM yang baru akan menjadi garda terdepan dalam menjalankan program-program kesejahteraan dan pendidikan bagi masyarakat yang lebih luas.

“ BKM mempunyai peran penting dalam pengelolaan masjid serta ikut membantu kesejahteraan umat”,Tambahnya.(Rep/Ft:Aan)

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -