Berita

Ka.Kemenag Kotabaru : Haul Guru Sekumpul Ajang Silaturrahmi dan Kerukunan Umat Islam

Senin, 29 Januari 2024 08:39 WIB
  • Share this on:

Martapura (Kemenag Ktb) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru, Dr. H. Ahmad Kamal, S.HI, M.Ag, mengungkapkan bahwa kegiatan haul KH. Muhammad Zaini atau lebih dikenal dengan sebutan Guru Sekumpul menjadi salah satu ajang silaturahmi dan kerukunan umat Islam.

“ Kebaikan dan manfaat dari kegiatan haul dalam memperkuat rasa cinta umat Islam terhadap guru agama atau seorang ulama besar yang memberikan ajaran agama yang semakin besar dengan kehadiran para jamaah yang banyak”, Katanya, Usai menghadiri dan mengikuti Haul yang ke-19 Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani Al-Banjari, Minggu (14/01/24) di Musala Ar-Raudhah Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Menurut Ka.Kemenag Kotabaru Guru Sekumpul adalah tokoh Islam yang terkemuka yang telah memberikan kontribusi yang luar biasa dalam pengembangan Islam khususnya di Kalimantan Selatan. Pada peringatan Haul Guru Sekumpul, kami menghormati sosok luar biasa ini yang menginspirasi banyak orang dengan ajaran dan kebijaksanaannya.

Ditambahkannya selama beberapa dekade, Guru Sekumpul telah menjadi cahaya pemandu bagi banyak individu yang mencari untuk mendalami pemahaman mereka tentang Islam. Pengetahuan mendalamnya tentang Quran, Hadith, dan ilmu fiqih telah membuatnya menjadi seorang ulama yang dihormati dan seorang mentor yang dicintai.

“ Guru Sekumpul memiliki kemampuan yang unik untuk menyampaikan konsep-konsep yang kompleks secara sederhana dan dapat dimengerti oleh lapisan masyarakat”, Ucapnya.

Dijelaskannya setiap tahunnya Haul Guru Sekumpul yang diadakan pada bulan Rajab yang kegiatannya dipusatkan di Musala Ar-Raudhah Sekumpul selalu dipenuhi oleh lautan masyarakat tidak hanya dari Kalsel saja namun juga hampir dari seluruh dunia turut berhadir pada haulan Abah Guru Sekumpul.

“ Momen haul Guru Sekumpul merupakan sosok yang luar biasa yang kehidupannya dan ajarannya telah meninggalkan bekas serta untuk mendapatkan keberkahan”, Pungkasnya

Kecintaan masyarakat kepada guru Sekumpul terlihat jelas, dimana setiap pelaksanaan haul beliau masyarakat berbondong-bondong untuk mendapatkan keberkahan dengan membagikan makanan gratis maupun posko-posko bantuan rest area untuk para jamaah haul.

“ Semua layanan yang diberikan tersebut semata-mata untuk mendapatkan keberkahan dan kecintaan jamaah terhadap sosok Guru Sekumpul”, Ungkapnya.(Rep/Ft:Aan)

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -