Berita

Ka.Kemenag : Event Pariwisata Berpotensi Dalam Peningkatan PAD dan Perekonomian Masyarakat

Selasa, 5 Desember 2023 13:11 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.KanKemenag) Kabupaten Kotabaru Dr.H.Ahmad Kamal, S.HI,M.Ag mengatakan pariwisata merupakan salah satu yang berpotensi dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pertumbuhan perekonomian masyarakat.

“ Melalui berbagai event parisiwisata akan menambah potensi PAD dan perekonomian masyarakat”, Kata Ka.KanKemenag Kotabaru, usai menghadiri dan mengikuti Acara Puncak Festival Teluk Tamiang 2023, Minggu (03/12/23) di Objek Wisata Teluk Tamiang.

Dikatakannya Festival Teluk Tamiang ini juga sebagai ajang mempromosikan pariwisata yang ada di Kabupaten Kotabaru. Dengan adanya festival ini diharapkan akan mampu dan lebih efektif untuk mempromosikan pariwisata serta memicu pengembangan ekonomi kreatif.

“ Kabupaten Kotabaru mempunyai berbagai macam destinasi wisata yang sangat menarik bagi wisatawan baik lokal dan nasional”, Ucapnya.

Menurutnya Festival Teluk Tamiang 2023 merupakan salah satu upaya nyata dalam melestarikan, mengembangkan dan juga mempromosikan pariwisata serta budaya lokal yang ada di Kabupaten Kotabaru.

“ Melalui festival yang baru kita saksikan ini berupa tradisi adat istiadat dan seni budaya yang merupakan kekayaan yang harus kita jaga dan syukuri dan menjadi ajang untuk memperkuat solidaritas antar masyarakat, pemerintah dan para pelaku usaha serta  meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal”, Ujarnya.

Sebelumnya dalam sambutannya Bupati Kotabaru H.Sayed Jafar, SH yang dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs.H.Minggu Basuki, MAP menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya pertunjukan Festival Teluk Tamiang 2023. Menurutnya selain sebagai wadah pengembangan destinasi wisata, acara tersebut juga memberikan manfaat bagi masyarakat lokal. Selain sebagai tontonan yang menghibur masyarakat, disisi lain dapat memberikan manfaat secara ekonomi bagi masyarakat setempat seperti dibukanya berbagai macam stand makanan produk lokal dan home stay bagi pengunjung.

“ Saya berharap untuk semua pihak dapat berkontribusi dalam penyelenggaraan festival kali ini, sebagai wujud dan komitmen bersama untuk memajukan sektor pariwisata”, Ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kotabaru Risa Ahyani dalam sambutannya mengatakan bahwa festival itu merupakan festival tahunan. Ini adalah event pertama di Teluk Tamiang memang sebelumnya, masyarakat lokal telah melaksanakan upacara adat saja yakni Mappanretasi itu tiap tahun dilaksanakan.

” Alhamdulillah pada Tahun ini Pemerintah Daerah melalui dinas Pariwisata, Pemuda dan olahraga terus berupaya menggali potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Kotabaru, salah satunya melalui penyelenggaraan kegiatan Festival Teluk Tamiang 2023”, Ucapnya.

Ditambahkannya pelaksanaan festival teluk tamiang 2023 tahun ini, menyajikan sejumlah kegiatan menarik diantaranya Di antaranya Parade Ikan Bakar Sepanjang Pantai, Upacara Adat Mappanretasi, Pasar murah dan lomba memancing, lomba lagu bugis, mandar, permainan tradisional.

” Harapannya, wisata Teluk Tamiang akan menjadi bagian Destinasi unggulan kita dari sepuluh Destinasi, bahwa Teluk Tamiang sudah kita masukkan skala prioritas dan pengembangan Destinasi Wisata ,” ungkapnya.(Rep/Ft:Aan)

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -