Berita

Kakanwil Kemenag Kalsel Kukuhkan Pengurus Desa Sadar Kerukunan Desa Semayap Kotabaru

Rabu, 13 September 2023 07:54 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) - Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Dr. H. Muhammad Tambrin, M.M.Pd mengukuhkan pengurus Desa Sadar Kerukunan pada Desa Semayap Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru Jum`at (25/08/23) di aula Kantor Kementerian Kabupaten Kotabaru.

Dalam sambutannya Kakanwil Kemenag Kalsel H.Tambrin mengatakan bahwa Desa Sadar Kerukunan merupakan binaan yang langsung dipantau oleh Kanwil Kemenag Kalsel melalui bidang Kerukunan Umat Beragama dan Ortala.

Ia berharap dengan dikukuhkannya pengurus Desa Sadar Kerukunan ini dapat menjadi motor penggerak dan motivasi untuk terus menjaga harmonisasi kerukunan umat beragama, meningkatkan kerjasama dan sinergisitas warga masyarakat. “Juga menjadi percontohan untuk desa disekitarnya,” harapnya.

Sesuai dengan program rencana Strategis Kementerian Agama Republik Indonesia 2020-2024 lanjut Tambrin, setiap tahun Kementerian Agama RI memberikan apresiasi terhadap desa dan warganya yang menjunjung tinggi toleransi, saling hormat menghormati, berkehidupan yang damai dan harmonis dalam kemajemukan, berbeda Agama, suku, budaya dan status sosial. “Dengan memprogramkan Desa Sadar Kerukunan,” katanya.

Dikesempatan tersebut Tambrin juga mengajak kepada semua pihak untuk meningkatkan semangat kecintaan kepada bangsa Indonesia dengan merawat keberagaman dan memantapkan keberagamaan masing-masing. “Sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing,"  tandasnya dikegiatan yang dirangkai dengan Dialog Kerukunan Umat Beragama tersebut.  

Pada kesempatan tersebut, Kakanwil juga meminta Pengurus Desa Sadar Kerukunan dapat berkoloberasi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Kemenag serta tokoh agama untuk berperan dalam memperkuat komitmen kebangsaan untuk merawat kebhinnekaan, mengidentifikasi dini potensi konflik dan memetakan serta mencari solusi dengan cara persuasif dan revitalisasi kearifan lokal

“Juga mengukuhkan akselerasi gerakan moderasi beragama, cegah radikalisme dan terorisme dan menghindari segala bentuk politik identitas dan ujaran kebencian, berita hoax dan tindakan provokatif,” pintanya.

Sementara itu Kepala Kemenag Kotabaru Dr.H.Ahmad Kamal, S.HI,M.Ag  mengucapkan terima kasih kepada Kakanwil Kemenag Kalsel yang telah bersedia datang ke Kabupaten Kotabaru untuk mengukuhkan pengurus Desa Sadar Kerukunan sekaligus menjadi narasumber pada kegiatan akselerasi Penguatan Moderasi Beragama.

“ Atas nama pribadi dan Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru mengucapkan selamat datang kepada Kakanwil Kemenag Kalsel di Bumi Saijaan”, Ucapnya.

Menurutnya terbentuk Desa Sadar Kerukunan merupakan tonggak penting dalam memperkuat dan memperluas komitmen kita untuk menciptakan kerukunan, perdamaian, dan kemajuan bersama dalam masyarakat desa, dimana kita ketahui bersama selama ini bahwa untuk menjaga kita hanya mengenal adanya FKUB namun seiring waktu Kementerian Agama telah memperkuat pondasi kerukunan umat beragama dengan membentuk Desa Sadar Kerukunan pada tiap daerah dimana fungsi utamanya untuk mencegah sedini mungkin adanya gesekan-gesekan terkait dengan kerukunan umat beragama.

Tidak terkecuali, H.Kamal menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tulus kepada semua pengurus Desa Sadar Kerukunan yang telah terpilih untuk memimpin dan menggerakkan program-program yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan harmonis antarwarga, memperkuat toleransi, dan membangun desa yang sejahtera.

Tugas yang emban pengurus Desa Sadar Kerukunan bukanlah hal yang ringan, namun dengan tekad, kerja keras, dan semangat gotong royong, saya yakin kita semua dapat meraih hasil yang positif”, Ujarnya.

Selanjutnya Kamal mengingatkan bahwa kerukunan tidak hanya menjadi tanggung jawab pengurus Desa Sadar Kerukunan. Kerukunan adalah tugas bersama kita semua, warga masyarakat desa. Mari kita tingkatkan kesadaran kita akan pentingnya kerukunan dan toleransi dalam kehidupan sehari-hari.

“ Selamat kepada pengurus Desa Sadar Kerukunan yang baru saja dikukuhkan, Semoga semua dapat menjalankan tugas dengan baik dan memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat desa kita, Kami di Kementerian Agama akan selalu siap mendukung upaya-upaya positif ini.” Pungkasnya. (Rep/Ft:Aan)

Editor:
Aan
Kontributor:
Aan
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -