Berita

Kakankemenag Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Meningitis Bagi Jemaah Haji Kotabaru

Selasa, 30 April 2024 13:35 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag KTB) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru Dr. H. Ahmad Kamal, S.HI., M.Ag meninjau pelaksanaan vaksinasi meningitis bagi jemaah haji (JH) aasal Kabupaten Kotabaru yang akan diberangkatkan ke tanah suci pada tahun ini.

Kegiatan vaksin meningitis ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Kesehatan yang bersinergi dengan Kementerian Agama, yang dilaksanakan di Puskesmas Dirgahayu pada hari Jum’at (26/04/2024). 

Menurut Kamal, vaksinasi meningitis sangat penting dilakukan, bahkan Pemerintah Arab Saudi juga telah mewajibkan jemaah haji dan umroh harus disuntik vaksin meningitis terlebih dahulu.

“Suntik vaksin meningitis diharapkan dapat menangkal virus atau bakteri yang dimungkinkan bisa menyebabkan peradangan otak, bahkan juga bermanfaat untuk menangkal penyakit lain diantaranya Tuberkulosis, Ebola dan lain-lain,”lanjutnya.

Dengan adanya vaksin meningitis, maka infeksi dan penyebaran penyakit dapat dicegah. Berdasarkan referensi, vaksin meningitis sangat membantu jamaah haji menghindari kerusakan selaput otak saat melakukan ibadah haji.

Disamping itu, Kakankemenag menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dinas Kesehatan yang telah bekerja sama dan bekerja keras untuk mensukseskan kegiatan vaksin meningitis ini setelah sebelumnya juga melakukan pemeriksaan kesehatan bagi jamaah haji.

“Terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru yang telah bekerja keras dan bersedia untuk bekerja sama dengan Kementerian Agama guna mensukseskan vaksin meningitis bagi JH Kotabaru,” ucapnya. 

Senada dengan Kakankemenag, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) H. Herman Prasetio, M.M. memberikan motivasi serta mengingatkan kepada seluruh jamaah haji yang hadir khususnya pada jamaah haji lansia pada kegiatan vaksin meningitis ini untuk senantiasa menjaga kesehatan, pola makan yang sehat agar kondisi tubuh senantiasa dalam keadaan sehat. 

Ia berharap kepada seluruh JH asal Kotabaru agar dapat menjaga kesehatan, baik ketika mau berangkat apalagi selama berada di tanah suci. Semoga kembalinya ke tanah air bisa menjadi haji yang mabrur.

“Harapan kita untuk seluruh JH untuk dapat menjaga kesehatan, ketahanan fisik dan kebugaran. Semoga selamat di tanah suci, dimudahkan semua urusan dalam beribadah kepada Allah SWT,” harapnya.

Editor:
Tina
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Tina
Fotografer:
Tina

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -