Berita

Ka.Kankemenag Sebut Manasik Haji Jalan Kesempurnaan Haji

Kamis, 18 April 2024 14:53 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kotabaru Dr. H. Ahmad Kamal, SH.I., M.Ag. menyebutkan bahwa manasik haji merupakan jalan kesempurnaan haji.

“Pelaksanaan bimbingan manasik merupakan bentuk dari aplikasi misi Kementerian Agama, mewujudkan penyelenggaraan ibadah haji dan umrah yang berkualitas dan akuntabel, merupakan tanggung jawab dan upaya dalam meningkatan pelayanan urusan haji dan penyempurnaan pelaksanaan ibadah haji,” katanya.

Hal tersebut Kamal sampaikan saat memberikan bimbingan manasik haji kelompok 1 KUA Kecamatan Pulau Laut Utara tahun 1445 H / 2024 M bertempat di STIT Darul Ulum, Kamis (18/04/2024).

Pelatihan manasik haji bagi para jemaah haji, merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah, dalam hal ini Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru, agar jamaah calon mengetahui tata cara berhaji yang benar sehingga dapat menunaikan rukun Islam yang kelima ini dengan sebaik-baiknya.

“Dengan berbekal pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji, baik yang bersifat teori maupun praktik, maka diharapkan langkah itu akan memperlancar perjalanan ibadah haji para jamaah dan menjadi lebih sempurna,” ujarnya.

Selanjutnya Ia menghimbau kepada jemaah haji untuk memantapkan hati dengan memurnikan niat semata-mata ibadah hanya kepada Allah SWT. “Haji itu diawali dengan niat di hati kemudian dikerjakan dengan perbuatan, mari kita perbaiki niat kita semata-mata ikhlas beribadah kepada Allah SWT, dengan ikhlas maka akan menjadikan seseorang lebih bertaqwa dan mendapatkan kemabruran hajinya,” ajaknya.

Terakhir Ia berpesan, hendaknya seluruh jamaah haji mempersiapkan diri sebelum berangkat ke tanah suci, dan tentunya harus mengetahui syarat dan rukun haji, tidak kalah penting adalah senantiasa menjaga kesehatan bagi calon jamaah haji, terebih-lebih kepada jemaah haji usia lansia dan yang memiliki riwayat penyakit.

“Karena haji merupakan ibadah fisik, saya berpesan kepada para jamaah hendaknya menjaga kesehatan dari sekarang dengan giat melatih diri dan tentunya jaga stamina tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan buah-buahan secukupnya untuk menjaga keseimbangan nutrisi dan gizi, sehingga dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah dengan baik,” pesannya

Editor:
Tina
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Tina
Fotografer:
Tina

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -