Berita

Ka.Kankemenag Sampaikan Pentingnya Pemahaman Moderasi Beragama di Lingkungan Madrasah

Kamis, 18 April 2024 14:06 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag KTB) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru Dr. H. Ahmad Kamal, S.HI., M.Ag menyampaikan tentang pentingnya pemahaman moderasi beragama di lingkungan madrasah. “Pemahaman moderasi beragama di lingkungan madrasah itu sangatlah penting, diantaranya untuk guru, murid, dan sekitarnya,” ujarnya.

Hal tersebut ia sampaikan saat memberikan arahan sekaligus membuka kegiatan rapat koordinasi Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru dengan tema peningkatan kompetensi manajerial dan pelopor moderasi beragama bagi kepala RA/Madrasah Tahun 2024 bertempat di MIN 1 Kotabaru pada Kamis (18/04/2024).

Menurut Kamal, pemahaman moderasi beragama nantinya mampu meningkatkan kerukunan umat beragama khususnya di lingkungan madrasah. “Kedepan, semua steakholder di madrasah Insya Allah kita berdayakan, terlebih kepada para guru-guru Madrasah di lingkungan Kemenag kotabaru untuk supaya dapat mendesiminasikan pentingnya moderasi beragama kepada anak didiknya,” ucapnya.

“Pemahaman moderasi beragama bisa mempererat kerukunan umat beragama khususnya di madrasah, sehingga, peserta didik kedepannya bisa menjadi generasi moderat, toleran, memahami dan mengamalkan ajaran agama secara seimbang,” ungkapnya lagi.

Sependapat dengan Ka. Kankemenag Kotabaru, Plt. Kasi Pendidikan Madrasah Dr. Nur Zazin, M.A juga menekankan bahwa pemahaman moderasi beragama di madrasah salah satu tujuannya adalah untuk memberikan kontribusi dan mengantisipasi agar masyarakat tidak terpapar radikalisme.

“Karena, guru bersentuhan langsung dengan peserta didik dan peran guru itu sentral guna melahirkan generasi yang berpaham moderat, mencintai bangsa dan negeranya serta terus berupaya mengedepankan toleransi antar umat beragama,” tukasnya.

Plt. Kasi Penmad berharap dengan kegiatan seperti ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman moderasi beragama di lingkungan madrasah. “Kami juga mengajak kepada kepala RA/Madrasah dan guru untuk menjadi pelopor moderasi beragama di Madrasah dan Sekolahnya,”timpanya.

Sebagai informasi bahwa kegiatan yang di ikuti oleh para pengawas Madrasah dan PAI, Kepala RA/Madrasah, guru RA dan Madrasah se Kabupaten Kotabaru. 

Editor:
Tina
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Tina
Fotografer:
Tina

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -