Berita

Ka.Kankemenag Ktb, Orientasi Dewan Hakim Untuk Samakan Persepsi

Selasa, 14 Mei 2024 10:46 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Kotabaru H. Ahmad Kamal yang juga menjabat sebagai Pengawas Perhakiman menyebut bahwa orientasi dewan hakim penting dilaksanakan  untuk menyamakan persepsi.

"Dewan hakim menjadi salah satu elemen penting dalam memastikan kelancaran MTQ ke-54 Tingkat Kabupaten Kotabaru,” ucap Kamal pada saat pembukaan Orientasi Dewan Hakim di SDN Tanjung Sungkai Desa Tanjung Pelayar Kecamatan Tanjung Selayar Kotabaru, Minggu (12/05/24). 

Ka.Kankemenag menyebutkan, bahwa penyamaan persepsi ini amat penting mengingat tiap-tiap orang pasti memiliki pandangan masing-masing dalam memberikan penilaian lomba. Oleh karena pelaksanaan orientasi dewan hakim sebelum pelaksanaan MTQ dapat menambah wawasan pengetahuan sekaligus menyamakan persepsi.

“Pemahaman yang mendalam tentang aturan, regulasi, dan prosedur yang berlaku dalam kompetisi MTQ penting untuk dimiliki para dewan hakim hal ini termasuk pemahaman tentang kriteria penilaian dan mekanisme lainnya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Kamal mengatakan bahwa untuk memudahkan dalam pekerjaan selain pemahaman yang kuat juga harus dibarengi dengan koordinasi antar dewan hakim.

“Koordinasi yang baik juga perlu dibangun untuk mewujudkan kesepahaman antar dewan hakim dalam memahami kandungan isi Al-Quran dan tata cara penilaian MTQ, sehingga ajang MTQ ini benar-benar berkah dan menghasilkan qori dan qoriah terbaik,” harapnya.

Hal senada disampaikan salah seorang dewan hakim bidang tajwid H. Umar Dani dalam orientasi ini menyebut bahwa penyamaan persepsi misalnya berkenaan dengan penilaian terhadap tajwidnya. 

“Penyamaan persepsi misalnya berkaitan dengan cara penilaian tajwid dan fasohah. Berkaitan pula dengan tajwid makhorijul huruf dan sifatul huruf. Dalam hal ini diatur pula terkait kesalahan-kesalahan yang mungkin dilakukan oleh peserta, misalnya kesalahan pengucapan huruf yang tidak sempurna,” ucapnya. 

Kegiatan orientasi dewan hakim yang diikuti 76 dewan hakim dan 7 Panitera dari semua cabang berjalan dengan lancar dan selanjutnya akan bertugas dari tanggal 13 hingga 16 Mei dimasing-masing tempat. (Rep/Ft: Ulis).

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -