Berita

Ka.Kankemenag KTB Harap Madrasah Jaga Keunggulan Dua Keunggulan

Senin, 5 Pebruari 2024 11:26 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (KemenagKtb) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Kotabaru H. Ahmad Kamal mengharap semua madrasah tetap menjaga keunggulan dua keunggulan yaitu keunggulan dalam akhlak dan keunggulan dalam ilmu pengetahuan. 

“Prestasi bidang akademik bagian salah satu dari tujuan pendidikan madrasah, tetapi karakter dan akhlak siswa tak kalah penting melebihi ukuran prestasi dibidang akademik yang harus dijaga keunggulannya,” ujarnya.

Hal tersebut disampaikan Kamal saat menerima Tim Sosialisasi Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) MAN Insan Cendekia (IC) Tanah Laut (Tala) didampingi Kasubbag TU diruang Kerjanya, Selasa (16/01/24).

Saat ini ia menilai persepsi masyarakat terhadap madrasah di era modern menjadi pilihan utama dalam mendidikan anaknya. Diamana Madrash sebagai jembatan antara model pendidikan pesantren dan model pendidikan sekolah menjadi sangat fleksibel diakomodasikan dalam berbagai lingkungan masyarakat.

“Di samping Madrasah mendidik kecerdasan, madrasah juga membina moral dan akhlak siswanya. Itulah nilai plus madrasah dibandingkan sekolah umum yang hanya menekankan pembinaan kecerdasan intelek (aspek kognitif) semata,” katanya.

Lebih lanjut ia katakan madrasah mempunyai nilai keunggulan tersendiri dari sekolah umum, dengan banyaknya materi pelajaran pendidikan Agama Islam yang dapat menjadikan karakter peserta didik menjadi lebih kuat berdasarkan nilai-nilai agama khususnya pendidikan akhlak.

“Di saat ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat maka akhlak mulia atau adab lah yang akan menjadikan sebuah ilmu itu membawa manfaat yang besar tidak hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga bagi orang lain,” ungkapnya.

Ka.Kankemenag Kotabaru sangat menyambut positif atas kedatangan tim sosialisasi MAN IC Tala. Menurutnya sosialsasi tersebut sangatlah penting guna memberikan gambaran kepada siswa khususnya siswa kelas IX yang tidak berapa lama lagi akan melaksakan UN, dalam menentukan sekolah lanjutan.

“Harapan kami banyak siswa-siswi di Kotabaru dapat menjadikan MAN IC Tala sebagai pilihan utamanya dan dapat merasakan pendidikan yang terbaik dikelasnya,” harapnya.

Sementara Wakil Madrasah Keasramaan MAN IC Tala  H. Muhammad  Ideham mengucapkan terimakasih atas diterimanya tim TIM Sosialisasi MAN IC Tala di Kemenag Kab. Kotabaru untuk menyampaikan informasi SNPDB MAN IC Tala

Selanjutnya Ideham mengharapkan, dengan sosialisasi tersebut banyak dari siswa yang berminat dan berkeinginan kuat untuk masuk ke MAN IC Tala, disamping banyak prestasi yang sudah diraih, MAN IC Tala juga memberikan fasilitas dan pendidikan yang terbaik guna melahirkan siswa yang berprestasi baik akademik maupun non-akademik.

“Kami berharap pihak madrasah ataupun sekolah dapat merekomendasikan siswanya dan dapat membantu proses pendaftaran online ini nantinya,” pungkasnya. 

Editor:
Tina
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Tina
Fotografer:
Tina

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -