Berita

Ka.KanKemenag Kotabaru : Pengurus Masjid Harus Mampu Berperan Aktif Sebagai Pusat Keagamaan Bagi Masyarakat

Senin, 2 September 2024 07:43 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.KanKemenag) Kabupaten Kotabaru Dr.H.Ahmad Kamal, S.HI,M.Ag, mendorong seluruh pengurus masjid untuk bersama-sama meningkatkan kegiatan di masjid dan meningkatkan keterlibatan komunitas dalam kegiatan yang diadakan masjid.

“ Pengurus masjid harus mampu berperan aktif sebagai pusat keagamaan bagi masyarakat”, Katanya, saat menghadiri dan mengikuti rapat pembentukkan pengurus Masjid Pesiar Sayyidina Jafar Siring Laut Kotabaru, Jum’at (30/08/24) di ruang rapat Sekretariat Daerah (Sekda) Kotabaru.

Kamal menekankan bahwa masjid bukan hanya tempat ibadah tetapi juga menjadi pusat kegiatan komunitas. Oleh karena itu, masjid harus memberikan manfaat dan kenyamanan lebih kepada masyarakat.

"Masjid harus mampu berperan sebagai pusat bagi masyarakat yang bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kami berharap komite masjid dapat bekerja sama dalam strategi untuk meningkatkan kegiatan di sekitar masjid,” Ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa masjid juga harus menciptakan komunitas yang lebih hidup dengan mengadakan berbagai kegiatan.

"Kami tidak ingin masjid menjadi sekadar tempat untuk beribadah, melainkan juga tempat yang akan membantu memperkuat komunitas. Ini bisa dilakukan dengan mengadakan kegiatan seperti pelajaran Alquran, studi Islam, kegiatan sosial, dan lain-lain," Jelasnya.

Kamal berharap masjid menjadi pusat pengetahuan dengan menyediakan pendidikan untuk masyarakat, mulai dari PAUD hingga pendidikan dewasa. Kegiatan ini turut memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas masyarakat serta perkembangan bangsa. Oleh karena itu, ia mendorong agar sumber daya manusia yang kompeten bisa dihadirkan dan dikembangkan.

“ Semoga dengan kehadiran masjid pesiar Sayyidina Jafar ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya pada wisita religi dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di masjid dan pada saat yang sama, mendorong komunitas masjid untuk terlibat aktif dalam menciptakan masyarakat yang lebih baik”, Pungkasnya. (Rep/Ft:Aan)

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -