Berita

Ka.Kankemenag Kotabaru Monitoring Pelaksanaan ANBK di Dua Madrasah

Rabu, 21 Agustus 2024 11:15 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Dalam rangka memastikan kelancaran dan kualitas pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Kotabaru melakukan monitoring langsung di dua madrasah, yaitu Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dan Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Darul Ulum, Selasa (20/08/24).

Dalam monitoringnya, Ka.Kankemenag Kotabaru H. Ahmad Kamal, didampingi staf Seksi Pendidikan Madrasah memantau langsung jalannya ANBK, mulai dari kesiapan infrastruktur teknologi, proses login siswa, hingga pemantauan pelaksanaan ujian.

Ka.Kankemenag menyampaikan monitoring ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Agama Kotabaru untuk memastikan bahwa pelaksanaan ANBK di tingkat Madrasah Aliyah berjalan dengan lancar dan sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan. 

“Kami ingin memastikan bahwa pelaksanaan ANBK di Madrasah Aliyah berlangsung sesuai dengan regulasi yang ada, baik dari segi teknis maupun substansi asesmen,” ujar Kamal.

Pelaksanaan ANBK di Madrasah Aliyah tidak hanya berfokus pada aspek teknis, tetapi juga pada kepatuhan terhadap regulasi dan etika pelaksanaan ujian. Oleh sebab itu Ka.Kankemenag menekankan pentingnya integritas dalam pelaksanaan ANBK, dengan tujuan mendapatkan hasil asesmen yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Kami mengimbau seluruh madrasah untuk mengikuti regulasi yang telah ditetapkan dengan penuh tanggung jawab. Hasil dari ANBK ini akan sangat berharga untuk mengevaluasi dan meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah,” ucap Kamal.

Selanjutnya, Kemenag berharap hasil ANBK dari kedua madrasah ini, serta madrasah-madrasah lain di kabupaten Kotabaru, dapat memberikan gambaran yang akurat mengenai kualitas pendidikan. Data yang diperoleh akan digunakan sebagai dasar untuk pengambilan kebijakan pendidikan yang lebih baik di masa mendatang.

“Kami optimis bahwa hasil dari ANBK ini akan membantu kita dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. Semua pihak telah bekerja keras, dan kami berharap kerja keras ini membuahkan hasil yang maksimal,” tandas Kamal.

"Selamat menjawab untuk peserta ANBK, semoga mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk panitia agar tetap mengawasi jangan sampai ada kendala-kendala atau eror dikomputer. Kami berharap pelaksanaan ANBK berjalan aman dan lancar dan hasilnya dapat membantu kita dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah di Kotabaru." tandas Kamal.

Pelaksanaan ANBK yang dilaksanakan 19-20 Agustus 2024 pada MAN Kotabaru diiukti oleh 45 siswa kelas XI. sedangkan pada MAS Darul Ulun diikuti oleh 28 siswa kelas XI. pelaksanaan ANBK mencakup bidang Numerisasi. Literasi dan Numerisasi yang menjadi acuan dalam tes dalam menguji kemampuan peserta memahami materi.

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -