Berita

Ka.KanKemenag Kotabaru : Kurikulum Merdeka Pembelajaran Yang Intrakurikuler Serta Menguatkan Kompetensi Siswa

Rabu, 18 Oktober 2023 06:43 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.KanKemenag) Kabupaten Kotabaru Dr.H.Ahmad Kamal, S.HI,M.Ag mengatakan Kurikulum Merdeka (KM) adalah kurikulum pembelajaran intrakurikuler yang beragam dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

“ Pada kurikulum Merdeka Guru memiliki keleluasan untuk memilih perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat di sesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik” Katanya, saat membuka secara resmi kegiatan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Raudhatul Jannah Kotabaru, Senin (16/10/23) di Aula STIT Darul Ulum Kotabaru.

Menurutnya Kurikulum Merdeka dapat diimplementasikan di berbagai kondisi satuan pendidikan. Karena prinsip pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran yang menyesuaikan kebutuhan, capaian, dan konteks murid serta kondisi satuan pendidikan, sehingga implementasi bisa bertahap.

“Kurikulum merdeka mencakup rencana pembelajaran, materi pelajaran, metode pengajaran, dan penilaian hasil belajar Implementasi”, Ucapnya.

Selanjutnya ia menekankan pentingnya workshop implementasi kurikulum merdeka ini untuk mempersiapkan para guru menghadapi kurikulum merdeka, dimana kurikulum ini akan dijadikan kurikulum nasional pada tahun ajaran baru mendatang.

“Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi,” Tekannya.

Terakhir, Kamal mengharapkan agar dengan adanya kegiatan ini, Madrasah di Kotabaru bisa menerapkan kurikulum merdeka belajar sesuai dengan kebutuhan daerah.

“Semoga bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Selamat mengikuti agenda sosialisasi kurikulum merdeka,” Harapnya.

Sementara itu Kepala MIS Raudhatul Jannah Kotabaru Purna Haryadi, S.Pd.I dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti seluruh tenaga pengajar MIS Raudhatul Jannah yangberjumlah 15 guru yang terdiri dari guru kelas dan guru mata pelajaran.

“ Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari, sejak tanggal 16 s.d 18 Oktober 2023 dengan narasumber dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kotabaru Tri Isworo Rahmad, M.Pd”, Ujarnya.(Rep/Ft:Aan)

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -