Berita

Ka.KanKemenag Kotabaru : Akreditasi Madrasah Dapat Memperkuat Pondasi Pendidikan Islam

Jumat, 30 Agustus 2024 12:56 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.KanKemenag) Kabupaten Kotabaru Dr.H.Ahmad Kamal, S.HI,M.Ag menyampaikan bahwa akreditasi merupakan salah satu upaya penting dalam memastikan bahwa pendidikan dapat memperkuat pondasi pendidikan Islam yang kokoh dan memberikan kontribusipositif bagi kemajuan umat dan bangsa.

“ Peran Kemenag dalam akreditasi madrasah mencakup pengembangan kurikulum yang relevan, pelatihan guru dan peningkatan sarana dan prasarana pendidikan”, Katanya, saat menyampaikan materi kebijakan Kemenag Dalam Akreaditasi Sekolah/Madrasah, Kamis (29/08/24) di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Kotabaru.

Dikatakannya bahwa Kemenag terus berupaya dalam mempersiapkan madrasah untuk untuk pengembangan proses akreditasi madrasah pada tahun 2024 dengan memberikan panduan teknis serta melakukan pemantauan pasca akreditasi untuk peningkatan dalam mutu pendidikan.

“ Akreditasi bertujuan untuk memberikan pengakuan bagi sekolah dan madrasah yang mampu mencapai standar mutu pendidikan yang ditetapkan”, Ucapnya.

Ditambahkannya akreditasi tidak hanya sekadar memberikan pengakuan, tetapi juga mendorong institusi pendidikan di Kotabaru untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dia meyakini bahwa akreditasi adalah langkah penting dalam memastikan institusi pendidikan mampu memberikan pendidikan berkualitas tinggi kepada siswanya.

“ Akreditasi akan membantu mempromosikan persaingan sehat, yang menjadi kunci untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kotabaru” Tambahnya.

Dijelaskannya bahwa akreditasi bagi lembaga pendidikan khususnya pada madrasah merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kotabaru.

Selain itu langkah ini memberikan pengakuan bagi institusi pendidikan yang mampu memenuhi standar dan mutu yang ditetapkan, dan mendorong institusi lainnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang mereka berikan.

Dengan adanya proses akreditasi ini, generasi penerus Kotabaru akan menerima pendidikan yang lebih baik dan siap untuk berhasil di masa depan”, Jelasnya.(Rep/Ft:Aan)

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -