Berita

Ka.kankemenag Kotabaru Ajak ASN Jadi Pelopor Moderasi Beragama

Senin, 4 Maret 2024 15:36 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) - Dalam upaya mendukung kerukunan dan toleransi antarumat beragama, Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Kotabaru H. Ahmad Kamal mengajak seluruh  Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag Kotabaru untuk dapat sungguh-sungguh menjadi pelopor Moderasi Beragama di tengah tengah masyarakat khususnya di Kabupaten Kotabaru.

“Sesuai dengan arahan Menag, kita sebagai ASN Kemenag harus siap menjadi pelopor moderasi beragama untuk kerukunan antar umat beragama,” ujar Kamal saat memberikan arahan pada kegiatan amaliyah pada kegiatan Pengawasan Pendekatan Agama (PPA) di Aula Kantor Kemenag Kotabaru, Senin (04/03/24).

Dikatakannya, jajaran ASN harus memberikan contoh dalam moderasi beragama, serta sikap-sikap dalam beragama dan seluruh ASN Kemenag menjadi pelopor dalam menjaga kerukunan.

Menurut Kamal, moderasi beragama adalah memoderatkan sudut pandang dalam beragama yang Indikasinya adalah tidak ribut. “Toleransi itu sesama kita seagama, dan juga dengan saudara kita yang beda agama. Kita harus menghormati dan jangan sesama kita ribut,” katanya.

Lebih lanjut katanya, sebagai seorang pelopor, ASN harus dapat merangkul dan mengatasi masalah dengan gagasan, ide, dan aksi, sehingga dapat mencegah permasalahan sesama umat. 

“Ketika kita melihat krisis dan masalah, kita harus menjadi bagian dari solusinya, itu tandanya kita sudah menjadi pelopor,” ungkapnya.

Selanjutnya Ia mengungkapan kerukunan sifatnya dinamis, sehingga memerlukan usaha untuk menjaga dan memelihara. Oleh karena itu ia mengajak seluruh jajarannya untuk menjadi peloper Moderasi Beragama.

“Mari kita lakukan ikhtiar maksimal agar pilar masa depan Indonesia bisa dibingkai dengan nilai kebersamaan dengan menjadi pelopor Moderasi Beragama dimanapun berada," tandasnya. (Rep/Ft:Ulis)

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -