Berita

Ka.Kankemenag Ingatkan Kredibilitas Dewan Hakim Dalam Penilaian MTQ

Selasa, 14 Mei 2024 09:35 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Kotabaru H. Ahmad Kamal melantik 76 orang Dewan Hakim, 7 Panitera dan 3 Koordinator Dewan Hakim Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) ke 54 Tingkat Kabupaten Kotabaru di Lapangan Hijau Abdullah Tanjung Sungkai Kecamatan Tanjung Selayar, Minggu (12/5/2024) 

Dalam kesempatan tersebut Ka.Kankemenag mengatakan Dewan Hakim memegang peranan vital dalam menilai para peserta MTQ, yang pada gilirannya membawa tanggung jawab kepada masyarakat serta kepada Tuhan YME.

“Dewan Hakim dan segenap Panitera, bertanggung jawab mengawal kredibilitas MTQN hingga akhir. Karena ini bukan sekedar ajang perebutan piala, namun juga mengandung muatan dakwah dan basis-basis ibadah,” ujarnya.

Menurut Kamal, Dewan Hakim merupakan unsur utama dalam MTQN, karena memegang tanggung jawab kunci dalam proses penilaian dan penetapan juara. Sebab kualitas MTQ bukan semata-mata karena hasil, namun juga proses. Di sinilah keberadaan Dewan Hakim sangat penting dan menentukan.

Pegelaran MTQ ini semakin berkualitas dalam semua aspeknya. Untuk itu, Kamal meminta agar tahapan-tahapan selanjutnya bisa dikawal dengan baik kualitasnya, baik pada tahap pelaksanaan, perhakiman, serta transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraannya.

“Tugas yang diembankan adalah sebuah kepercayaan dan kehormatan yang harus dijaga. Jalankan tugas secara kredibel, jujur, profesional, netral dan mandiri. Harus betul-betul cermat, adil, transparan dan objektif,” pesan Kamal.

“Semoga pelantikan Dewan Hakim ini akan membawa semangat baru dalam upaya meningkatkan kualitas pelaksanaan MTQ serta memperkuat nilai-nilai keadilan dan integritas dalam persaingan di bidang tilawah Al-Qur'an,” tambahnya

Acara pelantikan Dewan Hakim MTQ ke-54 Tingkat Kabupaten Kotabaru juga dihadiri oleh Bupati Kotabaru, Forkopimda, Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), Ketua TP-PKK Kabupaten, Ketua DPW, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya. (Rep/Ft: Ulis)

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -