Berita

Ka.Kankemenag Ingatkan Barang Bawaan Jamaah

Senin, 27 Mei 2024 12:03 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.KanKemenag) Kabupaten Kotabaru Dr.H.Ahmad Kamal, S.HI,M.Ag mengingatkan  kepada seluruh Calon Jamaah (CJH) untuk tidak membawa barang bawaan yang telah dilarang oleh pihak maskapai penerbangan dalam perjalanan menuju Tanah Suci Mekkah. “ Semua barang bawaan CJH akan diperiksa secara Ex Ray, jadi jika ada barang bawaan yang terlarang akan di sita oleh petugas bandara”, Ingatnya, saat memonitoring pengumpulan koper besar, Senin, (27/05/24) di Halaman Masjid Agung Husnul Khatimah Kotabaru.

Menurutnya peralatan dan perlengkapan barang bawaan yang di larang sudah disosialisasikan kepada CJH saat pelaksanaan manasik yang digelar beberapa waktu yang lalu. “ Untuk itu peralatan seperti, alat pemanas air, rice cooker dan alat elektronik serta bahan kimia yang membahayakan penerbangan akan di sita petugas saat pemeriksaan koper”, Ucapnya.

Kamal menambahkan pengumpulan dan pengantaran tas koper besar JCH asal Kotabaru ke Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin merupakan langkah awal pemberangkatan JCH Kotabaru, ”Apabila koper sudah terkumpul  semuanya, maka akan segera dikirimkan ke Embarkasi Haji Banjarmasin dengan menggunakan mobil truk serta di kawal oleh Polisi dan Satpol PP”, tambahnya.

Lebih lanjut Kamal menerangkan sesuai aturan yang dikeluarkan oleh Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Prov.Kalsel bahwa untuk koper besar CJH harus tiba diasrama haji Embarkasi Banjarmasin sebelum jadwal keberangkatan jamaah untuk selanjut dilakukan sortir barang bawaan oleh pihak Imigrasi. “ hal ini dilakukan untuk memudahkan petugas bagasi bandara untuk melakukan pengecekan ulang terhadap barang bawaan jamaah”, terangnya.

Jamaah Haji Kotabaru yang berjumlah 228 jamaah dan tergabung pada Kloter 13 BDJ bersama-sama dengan Jamaah Haji Kabupaten Hulu Sungai Selatan, yang mana dijadwalkan masuk Asrama Haji pada tanggal 28 Mei pukul 16.20 dan akan diberangkatkan menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, pada pukul 18.10 wita pada tanggal 29 Mei dengan nomor penerbangan GIA 8113.(Rep:Aan).

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -