Berita

Ka.Kankemenag Ingatkan 225 Jemaah Haji Kotabaru Ikuti Manasik Dengan Sempurna

Rabu, 17 April 2024 13:35 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Kotabaru) – Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru melaksanakan Manasik Haji perdana di Masjid Agung Husnul Khatimah, diikuti seluruh jemaah Haji (JH) Kota Kotabaru yang berjumlah 225 orang, Selasa (16/04/24)

Diawal sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru H. Ahmad Kamal, mengingatkan kepada para JH untuk dapat mengikuti pelaksanaan manasik Haji ini dengan surius dan sungguh-sungguh. Agar JH bisa melaksanakan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. 

“Manasik ini tentunya merupakan bagian dari pemberian ilmu pengetahuan, agar JH bisa mengikuti atau melaksanakan ibadah Haji nantinya sesuai dengan tahapan-tahapan atau alur-alurnya," ujar Ka.Kankemenag

Menurutnya agar bisa beribadah haji denganbaik dan sempurna JH harus memiliki ilmu yang cukup seputar bagaimana menjalankan ibadah haji sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW. Untuk itu manasik haji perlu diikuti dengan serius.

Dia juga mengatakan bahwa manasik haji yang dilaksanakan ini dalam rangka untuk memantapkan serta mempersiapkan diri dengan berbagai macam persiapan secara matang, baik dalam bentuk materi maupun ilmu pengetahuan sehingga dalam menunaikan ibadah haji nantinya akan memperoleh hasil yang baik dan memuaskan sehingga mendapatkan predikat haji mabrur.

“Kepada seluruh jemaah haji agar dapat mengikuti bimbingan manasik ini dengan sebaik-baiknya karena melalui manasik ini kita akan diajarkan dan diberikan pemahaman, bimbingan serta petunjuk tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji selama berada di tanah suci,” harapnya.

Sementara Bupati Kotabaru H Sayed Ja’far melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Zainal Arifin saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan manasik haji ini sangat penting bagi JH untuk menambah pengetahuan tata cara pelaksanaan ibadah haji sesuai ajaran IsIam saat berada di tanah suci nantinya. 

“Kepada JH agar menyiapkan diri dengan menjaga Kesehatan, tingkatkan kesabaran dan niat, karena ibadah haji bukan hanya fisik saja namun juga mental harus kuat,” pesannya. 

Bupati juga menghimbau kepada para JH yang akan berangkat untuk dapat menyiapkan diri dari sekarang dengan baik, mengikuti kegiatan manasik haji dengan sungguh-sungguh agar dapat menyerap segala ilmu yang disampaikan guna mendapatkan ridho dari Allah SWT.

“Bapak dan ibu JH semua adalah calon tamu Allah SWT, ibadah haji itu tidak hanya fisik saja, namun juga mental spiritual. jadi, jagalah dengan baik kesehatan fisik dan pikiran saudara semua agar jauh dari hal-hal yang negatif. ikutilah seluruh rangkaian kegiatan manasik haji ini sampai selesai,” pesannya.

Adapun Kepala Seksi PHU Kemenag Kotabaru, H. Herman Prasetio dalam laporannya menyampaikan kegiatan bimbingan manasik haji dimulai sejak tanggal 16 - 25 April 2024. tidak hanya dilakukan di tingkat kabupaten tetapi juga hingga ke tingkat kecamatan.

“Totalnya ada 10 manasik haji yang wajib diikuti, 2 kali dilaksanakan di kabupaten dan 8 kali dilaksanakan di Islam Centre, Aula Kodim 1004 Kotabaru dan Aula STIT Darul Ulun Kotabaru serta Masjid Agung Husnul Khatimah secara berkelompok,” terangnya.

Informasi saat ini JH Kabupaten Kotabaru tahun 2024 berjumlah 225 orang, dengan rincian Jamaah Laki-laki sebanyak 95 orang, perempuan 130 orang. Jamaah termuda berusia 21 tahun atas nama Fadel Prima Nugraha asal jemaah haji Kecamatan Pulau Laut Utara. Jemaah tertua usia 82 tahun atas nama Habibah Anang Zakaria asal Jamaah Haji Kecamatan Kelumpang Tengah. (Rep/Ft: Ulis).

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -