Berita

Kakankemenag Imbau Jemaah Haji Lakukan Persiapan fisik dan Mental

Selasa, 23 April 2024 08:44 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag KTB) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru, H. Ahmad Kamal mengatakan selain persiapan mental (rohani), jemaah haji juga perlu lakukan persiapan fisik (jasmani) agar pelaksanaan ibadah haji berjalan dengan lancar.

“Selain persiapan rohani atau mental, bapak dan ibu jemaah haji sangat perlu melakukan persiapan jasmani atau fisik sebelum berangkat haji. Persiapan ini dilakukan agar ibadah yang nanti dijalankan dapat berjalan lancar dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan selama berada di tanah suci,” ajaknya.

Hal tersebut Kamal sampaikan saat memberikan materi pada kegiatan bimbingan manasik haji bagi jemaah haji kabupaten Kotabaru tahun 1445 H / 2024 M bertempat di Aula Kodim 1004/Kotabaru, Senin (22/04/2024)

Kakankemenag menyampaikan bahwa perjalanan haji merupakan ibadah rohani yang memerlukan kekuatan fisik. Dimana Ibadah perjalanan haji merupakan salah satu rukun Islam yang harus dilakukan oleh setiap muslim bagi yang mampu.

“Jangan sampai perjalanan ibadah haji hanya dianggap sebagai perjalanan biasa saja. Karena ibadah ini sudah kita tunggu lama, kemudian proses-prosesnya kita lewati cukup banyak, namun sayangnya ketika sampai di tanah suci, kita mengalami sakit akibat tidak memperhatikan kondisi tubuh sendiri,” katanya.

 “Inilah yang membuat kesiapan fisik dan mental sebelum berangkat haji menjadi sangat penting agar ibadah yang bapak dan ibu jalankan di tanah suci bisa berjalan lancar dan supaya tidak mudah terkena penyakit saat melakukan ibadah disana,” tambahnya lagi.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan persiapan fisik dan mental menjadi sangat penting mengingat akan ada banyak kegiatan fisik yang dilakukan selama melakukan ibadah haji. Belum lagi adanya perbedaan kondisi lingkungan hingga suhu di negara tersebut jika dibandingkan dengan Indonesia.

“Dengan rutin berolahraga dan menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dengan demikian para jamaah haji dapat menjalankan ibadah haji dengan lebih optimal dan maksimal sehingga perjalanan ibadah haji akan menghasilan predikat haji yang mabrur,” pungkasnya. 

Editor:
Tina
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Tina
Fotografer:
Tina

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -