Berita

Ka.Kankemenag Ajak Tingkatkan Sinergitas Lintas Sektoral untuk Perkuat Program Kerja

Senin, 19 Agustus 2024 14:39 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Kotabaru H. Ahmad Kamal, menekankan pentingnya peningkatan sinergitas lintas sektoral untuk memperkuat program-program kerja Kementerian Agama di berbagai bidang.

Ka.Kankemenag Kotabaru menggarisbawahi bahwa kolaborasi yang solid antara kementerian Agama, pemerintah daerah, serta berbagai pemangku kepentingan adalah kunci untuk untuk mengoptimalkan pelaksanaan program-program keagamaan di Kabupaten Kotabaru.

“Kemenag harus bisa merangkul berbagai pihak untuk bersama-sama menjalankan program keagamaan yang lebih terintegrasi. Sinergitas lintas sektoral ini menjadi kunci untuk mencapai hasil yang maksimal dalam membangun masyarakat yang religius, toleran, dan berkeadilan,” ujar Kamal saat menjadi pembina pada upacara penghormatan bendera merah putih dihalaman kantor Kemenag Ktb, Senin (19/08/24)

Kamal pun mengingatkan, bahwa Kemenag tidak bisa bekerja sendiri. Oleh sebab itu sinergi dengan berbagai sektor sangat diperlukan untuk mencapai target-target yang telah ditetapkan, baik dalam peningkatan kualitas pendidikan agama, pelayanan haji dan umrah, penguatan kerukunan umat beragama, maupun berbagai program keagamaan lainnya.

“Di Seksi Madrasah kita telah mendapatkan bantuan rombel pada madrasah, di Seksi Bimbingan Masyarakat Islam kita telah mendapatkan gedung baru Kantor Urusan Agama (KUA), di Penyelenggaraan haji dan Umrah kita telah sukses menggelar pelaksanaan ibdaha Haji,” ungkapnya.

Sedangkan dalam konteks hubungan dengan masyarakat, ASN Kemenag juga harus terus berupaya menjalin kemitraan dengan organisasi-organisasi keagamaan, tokoh agama, serta masyarakat luas untuk memperkuat nilai-nilai toleransi dan kerukunan umat beragama. Karena menurutnya, dengan berkolaborasi bersama tokoh agama dinilai krusial dalam mencegah dan menyelesaikan konflik berbasis SARA yang masih terjadi di beberapa daerah.

Menurut arahannya, Ka.Kankemenag mengharapkan seluruh Aparatur Sipi Negara (ASN) Kemenag ikut aktif lakukan sinergitas lintas sektoral ini, guna dapat lebih efektif dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk melayani masyarakat serta memajukan kehidupan beragama di kotabaru.

“Diharapkan, dengan kerjasama yang lebih aktif, program-program Kemenag dapat berjalan lebih efektif dan memberikan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat, sesuai dengan visi dan misi Kemenag,” tandas Kamal.

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -