Berita

Ka. Kankemenag KTB : KSM Ajang Bergengsi Raih Prestasi Tertinggi

Kamis, 1 Agustus 2024 15:34 WIB
  • Share this on:

Banjarmasin (Kemenag Ktb) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Kotabaru H. Ahmad Kamal, mengatakan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) sebuah ajang bergengsi yang semakin memotivasi siswa-siswi madrasah untuk meraih prestasi tinggi.

“Bagi banyak siswa, KSM merupakan ajang bergengsi untuk membuktikan diri. Baik prestasi di tingkat kabupaten, provinsi, nasional bahkan internasional menjadi kebanggaan tersendiri, tidak hanya bagi siswa, tetapi juga bagi sekolah dan keluarga,” ujar Kamal.

Hal itu Ka.Kankemenag sampaikan usai menghadiri pembukaan Kompetisi Sains Madrasah tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2024 bersama seluruh kontingin Kotabaru di MAN 2 Banjarmasin, Kamis (01/08/24).

Menurut Kamal, KSM telah berhasil meningkatkan semangat belajar siswa. Dengan materi yang mencakup berbagai disiplin ilmu seperti matematika, fisika, kimia, biologi, astronomi, dan geografi, siswa ditantang untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan yang lebih luas dan mendalam.

“Diadakan setiap tahun, KSM tidak hanya menjadi tempat untuk mengukur kemampuan akademik, tetapi juga menjadi sumber inspirasi bagi para peserta untuk mengembangkan potensi mereka di bidang sains,” ujarnya.

Melalui kompetisi ini, lanjut kamal, KSM telah menjadi spirit bagi siswa dalam meraih prestasi. Siswa tidak hanya mengasah kemampuan akademik, tetapi juga membangun karakter yang kuat dan berintegritas.

“KSM telah menumbuh kembangkan karakter siswa, dimana mereka diajarkan pentingnya kerja keras, disiplin, menghargai waktu untuk mencapai tujuan, dan bersikap sportif dalam menghadapi kemenangan maupun kekalahan,” ungkapnya.

Untuk itu kata Kamal, Kementerian Agama Kotabaru selalu memberikan fasilitas dan dukungan penuh untuk kelancaran pelaksanaan KSM, mulai dari tahap seleksi hingga tingkat nasional. Selain itu yang terpenting dibutuhkan juga peran orang tua dalam memberikan dukungan moral dan materiil kepada anak-anak mereka.

“Dengan segala fasiltas yang diberikan dan juga dukungan dari berbagai pihak, kami harap KSM dapat memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan di Indonesia khususnya di Kabupaten Kotabaru,” pungkas Ka.Kankemenag.

Pada ajang KSM tingkat Provinsi kali ini, kontingen kabupaten Kotabaru mengirim 16 orang perwakilan dari seluruh tingkatan madrasah dan mata pelajaran didampingi kepala madrasah dan guru pembimbing masing-masing siswa.

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
MR.IBR

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -