Berita

Jelang Pemilu Serentak, Ka.Kemenag Kotabaru Pinta Penyuluh Agama Pro Aktif Sampaikan Dakwah Untuk Ciptakan Pemilu Aman dan Tertib

Jumat, 24 November 2023 14:02 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag –Ktb) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.KanKemenag) Kabupaten Kotabaru Dr.H.Ahmad Kamal, S.HI,M.Ag mengatakan penyuluh agama merupakan bagian terdepan Kemenag dalam menyampaikan pesan-pesan agama dan berhadapan langsung lebih dekat dengan masyarakat sehingga sasaran tugas dan fungsi penyuluh agama dapat dilaksanakan dengan baik.

Hal ini disampaikannya saat kunjungan kerja dan monitoring kinerja Penyuluh Agama pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pulau Laut Timur, Rabu (22/11/23) di KUA Pulau Laut Timur.

Pada kesempatan itu ia meminta kepada para penyuluh yang berhadir untuk lebih aktif dalam kegiatan pembinaan keagamaan, terutama pada saat menjelang Pemilihan Umum yang akan digelar secara serentak pada tahun 2024.

“ Penyuluh agama keberadaan sangat penting di tengah-tengah masyarakat, maka untuk menciptakan pemilu yang aman dan tertib, para penyuluh dapat memberikan pembinaan dalam kegiatan dakwah keagamaan kepada masyarakat”, Pintanya.

Selain penyuluh agama, Kamal juga meminta kepada Kepala KUA Pulau Laut Timur untuk memonitoring kegiatan para penyuluh agama di wilayahnya dalam memberikan materi kegiatan pembinaan khususnya memasuki tahap-tahap Pemilu agar tidak terjebak dengan politik praktis.

“ Untuk Kepala KUA Pulau Laut Timur terus tingkatkan koordinasi dan silaturrahmi dengan para penyuluh baik fungsional maupin non fungsional dalam kegiatan keagamaan diwilayahnya”, Pungkasnya.

Terakhir Kamal berharap Penyuluh Agama  juga aktif berdakwah melalui media-media sosial serta mahir dalam menggunakan teknologi informasi. Salah satunya pandai menggunakan aplikasi Canva dalam mendesain konten konten-konten dakwah yang memberikan pemahaman agama yang menyejukkan bagi masyarakat. “Hal ini penting untuk mengkounter isu-isu radikalisme dan ekstremisme beragama atau berita palsu (hoaks) yang sering terjadi melalui media sosial,” Ungkapnya.

Sementara itu Kepala KUA Pulau Laut Timur Makmur S.Ag menyambut baik kedatangan Kepala Kemenag Kotabaru beserta rombongan yang berkunjung dan bersilaturrahmi dengan jajaran KUA Pulau Laut Timur dan para penyuluh baik PNS maupun non PNS.

Pihaknya selama ini terus melakukan pembinaan keagamaan khususnya pemahaman terkait dengan moderasi beragama yang merupakan salah satu visi dan misi Kemenag.

“ Keberadaan penyuluh agama yang memiliki fungsi informatif, edukatif, konsultatif, dan advokatif ditengah masyarakat dapat menanamkan dan pemahaman tentang moderasi beragama”, Pungkasnya.(Rep/Ft:Aan)

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -