Berita

Jelang Pemilu. Ka.Kankemenag Kotabaru Ajak Jajarannya Bersikap Netral

Rabu, 22 November 2023 05:27 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) - Pelaksanaan pesta Demokrasi di tahun 2024 tidak lama lagi dihelat.  Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Kotabaru mengajak jajarannya bersikap netralitas pada pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah serentak di tahun 2024.

“Saya meminta agar Aparatur Sipil Negara (ASN Kemenag tetap pada kedudukan profesional dan tidak memihak pada kontestan politik yang akan bertanding di pemilu maupun pilkada,” ujar Kamal saat memberikan arahan pada kegiatan amaliyah pada kegiatan Pengawasan Pendekatan Agama (PPA) di Aula Kantor Kemenag Kotabaru, Senin (20/11/23).

Menurutnya sikap netral dan independen dari intervensi politik merupakan sebuah kewajiban hukum yang harus ditaati oleh setiap ASN. Oleh sebab itu katanya sudah menjadi keharusan bagi pegawai Kememag untuk menghindarkan diri dalam pelibatan secara aktif pada proses pemilu yang merupakan bentuk kontestasi politik.

Selanjutnya ASN memiliki asas netralitas yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. Dalam aturan itu disebutkan bahwa ASN dilarang menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik. ASN pun diamanatkan untuk tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun. Kamal menekankan, ketidaknetralan ASN akan sangat merugikan negara, pemerintah, dan masyarakat.

“Apabila tidak netral maka dampak yang paling terasa adalah ASN tersebut menjadi tidak profesional dan justru target-target pemerintah di tingkat lokal maupun di tingkat nasional tidak akan tercapai dengan baik,” ujarnya

Selanjutnya ia mengajak seluruh jajarannya untuk bersama-sama menyukseskan pemilu yang jujur, aman, dan damai serta menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif.

“Mari kita jaga kerukunan umat, biarlah siapapun yang bertanding baik tingkat pusat, daerah atau legislatif, proses itu untuk menentukan kader-kader pemimpin yang terbaik. Tapi kita sebagai ASN yang mengawaki jalannya roda pemerintahan harus tetap pada posisi netral siapapun juga pemenangnya,” pungkas Kamal.

Kegiatan Pengawasan Pendekatan Agama tersebut diikuti Kasubbag TU, Kasi, Penyelengara, Kepala KUA, Pengawas PAI/Madrasah, Penyuluh Agama dan seluruh pegawai kantor Kemenag Kotabaru baik secara daring dan online. (Rep/Ft: Ulis).

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Mukhlisin
Fotografer:
Mukhlisin

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -