Berita

Jelang Mudik, Kasubbag TU Imbau Masyarakat Ikuti Aturan Lalu Lintas.

Rabu, 3 April 2024 11:45 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru Dr. H. Akhmad Ismail Fahni, SE, M.Si menghimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik agar selalu mematuhi aturan lalu lintas baik arus mudik dan balik Lebaran 1445 H / 2024 M.

“Sikap kehati-hatian dalam berkendara merupakan sebuah keharusan agar keamanan dan kenyamanan berlalu lintas aman dan tetap terjaga,” ujar Fahni usai menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasional Kepolisian Terpusat “Ketupat Intan 2024” dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1445 H Tahun 2024 bertempat di Siring Laut Kotabaru. Rabu (03/04/2024).

Fahni mengatakan hal utama yang juga tidak kalah pentingnya adalah kesiapan fisik dan kendaraan pemudik. Oleh karena itu sebelum melakukan mudik ia berharap kesiapan fisik dan kendaraan harus benar-benar dipastikan terlebih dulu kondisinya. Sehingga, pemudik tidak mengalami hambatan di sepanjang rute perjalanan yang akan dilalui.

“Hati-hati di jalan, jangan memaksakan diri untuk mendahului. Kemudian, ikuti informasi terkait mudik, ikuti aturan yang sudah dibuat, sehingga perjalanan mudik menjadi aman, tertib dan lancer dan serta terhindar dari risiko kecelakaan yang mungkin terjadi di jalan,” ujarnya.

Sementara itu, apel tersebut dipimpin oleh Kapolres Kotabaru AKBP Dr. Tri Suhartanto, S.H., M.H., M.Si yang memberikan beberapa point penting dalam arahannya. Diantaranya sebagai wujud nyata sinergitas Polri dengan Stakeholder terkait dalam pengamanan menjelang Idul Fitri 1445 H.

“Polri bersama Stakeholder terkait berkomitmen melaksanakan pengamanan secara lebih optimal melalui operasi terpusat dengan sandi ketupat 2024 selama 13 hari, dari tanggal 4 s/d 16 April 2024,” ucap Tri.

Diketahui, Operasi Ketupat 2024 ini melibatkan 551 personil gabungan TNI-Polri dan stakeholder terkait. Pasukan yang dilibatkan akan ditempatkan pada tiga titik pos diantaranya pos pengamanan, pos pelayanan serta tempat-tempat yang dianggap rawan terkait kegiatan mudik maupun liburan.

Sasaran pengamanan masyarakat atau saudara-saudara kita yang melaksanakan mudik dan tempat wisata sebagai objek berlibur pascalebaran. Kemudian, untuk di Kotabaru pihaknya sudah mempersiapkan satu pos pengamanan dan tiga pos pelayanan. Keempat pos ini adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Kotabaru maupun masyarakat yang melaksanakan mudik," jelasnya lagi.

Tri juga mengimbau kepada masyarakat melaksanakan mudik atau liburan, agar memastikan rumah dalam keadaan aman. "Listrik dalam keadaan dicabut, kompor dalam keadaan mati. Lakukan pengecekan serta melaporkan kepada aparat setempat, baik RT, RW maupun polsek setempat. Sehingga bisa melakukan pengamanan dalam keadaan kondusif," pesannya.

Selain pengamanan, pelayanan masyarakat Pemerintah Provinsi juga ada menyiapkan angkutan gratis. "Dari Provinsi sudah ada (menyiapkan) nanti koordinasi dengan Dinas Perhubungan kita," katanya.

Sebagai infromasi, apel Operasi Ketupat intan 2024 ini selain dihadiri Kementerian Agama juga di hadiri Sekretaris Daerah, Wakapolres Kotabaru, dan Forkopimda Kotabaru. 

 

Editor:
Tina
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Tina
Fotografer:
Tina

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -