Berita

Jadi Petugas Pembimbing Haji, Ka.Kankemenag Kotabaru Sebut 2 Tugas Utama Jadi Perhatian Pemerintah

Kamis, 22 Pebruari 2024 14:37 WIB
  • Share this on:

Banjarbaru (Kemenag Ktb) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Kotabaru H. Ahmad Kamal pada tahun ini di amanahkan sebagai Petugas Pembimbing Haji tahun 1445 H/2024 M.

Ka.Kankemenag mengungkapkan sebagai petugas ada dua tugas utama dalam penyelenggaraan ibadah haji yang tersebut yakni, satu pelayanan dan dua perlindungan jamaah.

“Terkait penyelenggaraan haji dari tahun ke tahun ada dua hal utama jadi perhatian pemerintah yaitu pelayanan jamaah haji dan adalah perlindungan jamaah haji,” ujar Kamal disela-sela mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), abu (22/2/2024) malam di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin.

Menurutnya, pelayanan dan perlindungan jamaah menjadi bagian penting dalam sistem Manajeman Operasioanal Penyelenggaraan Ibadah Haji. Olah karenanya dirinya sebagai petugas haji bertekat kuat untuk melaksanakan tugas tersebut sebaik mungkin agar pelayanan haji dapat berjalan secara optimal.

“Perlindungan jamaah penting dilakukan, karena mereka berada di negara orang. Apalagi tingkat variasi jamaah luar biasa dan kami sebagai petugas harus memberikan pelayanan sesuai dengan tingkat kemampuan mereka,” terangnya.

Lebih lanjut ia sampaikan sebagai petugas haji harus memiliki nilai plus. Plus pengetahuan agamanya, plus kesehatannya dan plus kesabarannya. “Jadi harus memiliki kesabaran yang luar biasa, terutama melayani jemaah lansia perlu menjadi perhatian Kita bersama agar menjadi lebih ringan,” lanjutnya.

Sebagai orang yang terpilih menjadi petugas haji Indonesia, ia pun berkomitmen mensedekahkan dirinya memberikan pelayanan terbaik, ikhlas dan ramah dalam melayani serta cepat untuk kepentingan jamaah.

“Mohon do’a semoga ibadah haji tahun ini aman dan lancar serta mendapatkan predikat haji yang mabrur,” harapnya.

Pembukaan Bimtek tersebut diikuti 125 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter yang terdiri dari Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah dan Tenaga Kesehatan sebanyak 81 Peserta dan ditambah Petugas Haji Daerah (PHD) sebanyak 44 peserta yang berasal dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Biro Kesra Setda Kalsel, Kepala Biro Kesra Setda  Kalteng yang diwakili Kabag Non pelayanan dasar  Kalteng, Plh  Kepala Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Kalsel dan Kalteng serta para fasilitator dan narasumber. (Rep/Ft: Ulis)

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Mukhlisin
Fotografer:
Mukhlisin

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -