Berita

Gema Shalawat Nariyah Membahana Di Masjid Agung Husnul Khatimah Kotabaru

Sabtu, 21 Oktober 2023 21:46 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Gema shalawat Nariyah membahana di Masjid Agung Husnul Khatimah Kotabaru, Sabtu (21/10/23) Malam.

Lantunan Shalawat Nariyah yang dibawakan kurang lebih 2000 kaum muslimin di Bumi Saijaan dilaksanakan dalam rangkaian memperingati Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2023.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.KanKemenag) Kabupaten Kotabaru Dr.H.Ahmad Kamal, S.HI,M.Ag dalam keterangannya mengatakan kegiatan pembacaan shalawat nariyah ini dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan dalam menyambut HSN Tahun 2023.

“ Pembacaan 1 Milyar shalawat Nariyah ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia yang dilaksanakan sebelum upacara HSN ”, Ujarnya, usai ditemui pada saat pembacaan 1 milyar shalawat nariyah di Masjid Agung Husnul Khatimah Kotabaru.

Kamal menambahkan kegiatan pembacaan shalawat nariyah ini, pihaknya bekerjasama dengan Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kotabaru yang telah diberikan mandat dari PWNU Kalsel untuk menggelar pembacaan shalawat nariyah sebanyak 1 Milyar di malam Ahad sebelum pelaksanaan upacara bendera peringatan HSN yang di gelar pada hari Ahad tanggal 22 Oktober nanti.

“ Alhamdulillah kegiatan pembacaan shalawat nariyah di Kotabaru berjalan dengan baik dan lancar yang diikuti hampir 2500 peserta yang terdiri dari ASN Kemenag Kotabaru, para santri Pondok Pesantren, para siswa madrasah dan kaum muslimin dan muslimat Kotabaru”, tambahnya.

Sementara itu Ketua PCNU Kabupaten Kotabar Drs.H.Umar Dhani,MM menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan tindaklanjut dari surat edaran PBNU Nomor 1034/PB.01/A.1.03.08/99/10/23 yang diterbitkan pada tanggal 13 Oktober 2023 dan ditandatangani oleh Rais 'Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, Katib 'Aam PBNU KH Akhmad Said Asrori, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, serta Sekretaris Jenderal PBNU H Saifullah Yusuf.

Ia mengatakan masing-masing struktur kepengurusan NU dari pusat hingga ranting mendapatkan 15 paket, di mana satu paket terdiri dari 4.444. Kemudian untuk teknis pembagiannya diserahkan kepada masing-masing struktur kepengurusan. “Teknis pembagian kami serahkan pada struktur NU, Untuk PCNU Kotabaru mendapatkan 15 paket dalam satu majelis dibebankan satu paket, 4.444 Shalawat Nariyah setidaknya 45 orang. Satu Shalawat Nariyah 30 detik, dibutuhkan 50 menit atau satu jam, maka butuh 45 orang,” ujarnya.

Selanjutnya Umar Dhani menyampaikan HSN yang akan digelar tahun ini, salah satunya dilatarbelakangi oleh cita-cita mulia, yakni menghidupkan kembali nilai-nilai dan patriotisme santri bagi kehidupan beragama dan sosial kemasyarakatan.

“Tentu dengan dikumpulkannya sahabat-sahabat pengurus PCNU, Lembaga dan Banom ini untuk suksesi HSN 2023. Sebagai kaum Nahdliyin, HSN ini seyogyanya menjadi perekat dan pengingat. Kita harus guyub dan massif membumikan tradisi dan prinsip kesantrian di dalam kehidupan”, Ucapnya.

Kita berharap semua dengan pelaksanaan shalawat nariyah sebanyak 1 Milyar ini dapat menjadikan negeri kita baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.

 “Semoga dengan peringatan HSN Tahun 2023, seluruh elemen NU dapat bersatu dan memberikan yang terbaik untuk Negeri dan meneguhkan Islam yang Rahmatan Lil A’lamin,” Pungkasnya.(Rep/Ft:Aan).

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -