Berita

Gelar SKTT Berbasis CAT CPPPK, Kasubbag TU: Tes Moderasi Beragama Penting Bagi CPPPK Kemenag

Rabu, 13 Desember 2023 06:12 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag KTB) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru menggelar pelaksanaan Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan (SKTT) berbasis Computer Asissted Test (CAT) bagi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) Kementerian Agama Formasi Tahun 2023 di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru, Selasa (12/12/2023).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kotabaru diwakili Kasubbag TU H. Akhmad Ismail Fahni dalam arahannya menyampaikan SKTT merupakan tahapan yang tidak kalah penting dengan tes sebelumnya. Hal ini disebabkan karena Kementerian Agama menginginkan para aparatur yang akan diterima adalah mereka yang memiliki kemampuan teknis dan juga memahami makna Moderasi Beragama.

“Sama tahun sebelumnya, kali ini para peserta yang ingin lulus seleksi CPPPK di lembaga Kementerian Agama wajib mengikuti SKTT Moderasi Beragama. Karena ini  bagian penting yang harus dilalui pelamar sebagai faktor penentu kelulusan PPPK,” ujarnya.

Menurutnya, program ujian Moderasi Beragama akan menjadi tolak ukur bagi setiap individu dalam memahami sikap moderat terutama C3K yang akan mengabdikan dirinya di lembaga Kementerian Agama.

“Lewat SKTT ini akan diketahui sejauh mana kapasitas dan kompetensi Moderasi Beragama yang dimiliki seluruh peserta, sebab dengan mempunyai sikap moderat yang tingggi maka pegawai Kemenag akan mampu mengambil jalan tengah untuk mencegah terjadinya perbenturan di masyarakat,” katanya.

Selanjutnya Fahni meminta para peserta dapat manfaatkan waktu dengan sebaik mungkin serta teliti dalam memahami soal. selain itu jangan terburu buru dalam menjawab. Tak lupa ia  menyampaikan, sebelum memulai ujian harap berdo'a terlebih dahulu menurut agama masing-masing sebelum memulai ujian.

“Selamat menempuh ujian Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan  CPPPK . Semoga semuanya berjalan dengan lancar dan dapat lulus dengan nilai yang memuaskan dan maksimal seperti yang diharapkan. Amin,” harapnya.

Ditempat yang sama analis kepegawaian kantor Kemenag Kotabaru H. Muhammad Pran Limhar yang juga sebagai panitia SKTT mengatakan SKTT ini dilakukan dengan sistem komputer yang dikenal dengan Computer Assisted Test (CAT). Layanan ini menawarkan aplikasi Tes Berbasis Computer yang dapat memudahkan setiap peserta dalam pelaksanaan ujian.

“Peserta harus hadir 60 menit sebelum seleksi dimulai untuk proses registrasi dan pemeriksaan kelengkapan dokumen persyaratan peserta. Dan peserta wajib membawa laptop yang telah terinstalasi Safe Exam Browser (SEB) yang akan digunakan,” paparnya.

Terpantau pelaksanaan SKTT di Kemenag Kotabaru diikuti sebanyak 50 orang. Salah satu pesertanya ada dari kota Banjarbaru karena tersalah saat memilih titik lokasi. Adapun kegiatan tersebut dilakukan sebanyak 2 sesi dengan rincian 25 orang per sesi. (Rep/Ft: Ulis)

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Mukhlisin
Fotografer:
Mukhlisin

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -