Berita

Gara Katolik Kemenag ktb : Pentingnya Keseimbangan Antara Makanan Rohani Dan Makanan Jasmani

Senin, 12 Agustus 2024 10:39 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru menggelar apel pagi senin di halaman kantor kemenag Kotabaru. bertindak selaku pemimpin upacara Penyelenggara Katolik (Gara Katolik) diikuti para Kepala Seksi, penyelenggara, serta Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN di lingkungan Kantor Kemenag Kotabaru, Senin (12/8/24).

Dalam amanatnya Gara Katolik Agustimus Setyo Budiyono menekankan pentingnya keseimbangan antara makanan rohani dan makanan jasmani. Keduanya memiliki peran yang krusial dalam kehidupan manusia.

Agus mengatakan makanan rohani berkaitan dengan kebutuhan spiritual dan mental seseorang. Makanan rohani bisa berupa ibadah, doa, membaca kitab suci, meditasi, dan aktivitas lain yang mendekatkan seseorang kepada Tuhan. “Makanan rohani membantu menjaga ketenangan batin, menguatkan iman, dan memberikan panduan moral dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Sedangkan untuk makanan jasmani, lanjut Budi, merujuk pada kebutuhan fisik manusia, yaitu makanan dan minuman yang diperlukan tubuh untuk tetap sehat dan kuat. “Makanan jasmani memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan baik,” terangnya.

Menurutnya keseimbangan antara makanan rohani dan jasmani sangat penting. Jika seseorang hanya fokus pada makanan jasmani tanpa memperhatikan kebutuhan rohani, mungkin akan mengalami kekosongan batin, stres, atau masalah mental lainnya.

“Sebaliknya, jika seseorang hanya memperhatikan makanan rohani tanpa memenuhi kebutuhan jasmani, tubuh bisa menjadi lemah dan sakit,” ucapnya.

Oleh karena itu, kepada seluruh peserta apel, Gara Zawa mengajak seluruh ASN Kemenag Kotabaru untuk menjaga keseimbangan antara keduanya agar dapat menjalani kehidupan yang sehat, baik secara fisik maupun spiritual.

“Mari kita bersama menjaga keseimbangan antara makanan jasmani dan makanan rohani sehingga tercapai kesejahteraan yang menyeluruh dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -