Berita

FKDT Tombak Peningkatan Kualitas Dan Pelayanan Pendidikan

Rabu, 22 Mei 2024 10:37 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru H. Ahmad Kamal berharap pembentukan Forum Koordinasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Kotabaru bisa memberikan penguatan bagi guru dan kurikulum madrasah diniyah.

“terbentuknya FKDT akan memberi dampak terhadap penguatan kapasitas bagi guru-guru agar bisa lebih menghasilkan anak-anak kita yang mempunyai karakter yang barakhlak mulia,” ujarnya saat memberikan arahan kepada Kasi dan Staf Seksi Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (PAPKIS) terkait pembentukan FKDT Kabupaten Kotabaru bertempat ruang kerja Ka.Kankemenag, Rabu (22/05/24).

Ka.Kankemenag mengatakan para guru Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) yang nanti akan bernaung di FKDT Kabupaten kotabaru, harus bangga karena bisa masuk dalam forum resmi yang nantinya menjadi wadah informasi pengajar bagi lembaga tersebut.

“FKDT yang menaungi ini akan menjadi ujung tombak peningkatan kualitas dan pelayanan pendidikan MDT ke arah yang lebih baik,” katanya.

Ia juga berharap peran pendidikan madrasah diniyah yang telah berjalan selama ini jangan sampai dipandang sebelah mata. Karenanya FKDT mempunyai peran yang penting untuk mewujudkan generasi yang baik dengan ditunjang dengan sumber daya manusia yang unggul dan berakhlak agar terwujud generasi bermartabat.

“FKDT perlu dibentuk kepengurusannya karena dampaknya akan langsung pada peningkatan layanan pembelajaran yang bermutu sebagai salah satu bentuk respon dan tanggung jawab dari penyelenggara atas kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan keagamaan,” tandasnya.

Sementara Kepala Seksi Papkis Hj. Siti Fatimah menjelaskan bahwa FKDT merupakan mitra dari Kementerian Agama RI. Artinya, dalam program kerja para pengurus diharapkan mampu membangun komunikasi yang baik denga para pemangku kepentingan terkait.

Ia menyebutkan saat ini di kabupaten Kotabaru memiliki 35 MDT, data ini terus bertambah dari tahun sebelumnya yang mana menurutnya merupakan suatu hal yang sanagt positif bagi duni pendidikan. Hal ini artinya juga menandakan masyarakat terutama orang tua membutuhkan lembaga Madrasah Diniyah Takmiliyah.

“Banyak orang tua yang mempercayakan anak didiknya kepada MDT, untuk mendapatkan tambahan ilmu agama Islam, baik pada sore hari ataupun usai sekolah, mereka semua menimba ilmu tersebar di kabupaten Kotabaru,” tandasnya.

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -