Berita

DWP Kemenag Kotabaru : Al-Quran Merupakan Rahmat Untuk Seluruh Umat Manusia

Senin, 1 April 2024 12:21 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag KTB) – Ketua Dharma Wanita Wanita (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru Ny. Hj. Susan Lailan Meilani Ahmad Kamal mengatakan Al Qur an menjadi rahmat tidak hanya untuk umat muslim namun juga untuk seluruh umat manusia di dunia.

“Dalam berkehidupan kita harus bersandar pada tuntunan Alquran dan sunnah Nabi Muhammad SAW,” kata Susan saat memberikan arahan kepada anggotanya usai kegiatan khataman dan peringatan Nuzulul Qur’an 1445 H/ 2024 M sekaligus pertemuan rutin (arisan) bulanan, Senin (01/04/2024), di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Kotabaru.

Menurutnya peringatan Nuzulul Quran mengingatkan manusia untuk semakin meningkatkan ibadah serta kepekaan sosial dalam bermasyarakat dan isi kandungan Al-Qur’an mengingatkan agar umat muslim selalu menjalankan perintah dan aturan yang telah ditetapkan Allah SWT. “Al-Qur’an merupakan kitab suci yang memuat aturan dan pedoman hidup umat muslim,” ujarnya.

Susan menambahkan peristiwa diturunkannya Al-Qur’an di Bulan Ramadhan di hari ke- 17 yang sering dikenal dengan sebutan Nuzulul Qur’an sebagai mukjizat yang sangat besar bagi Nabi Muhammad SAW. “Al-Qur’an memuat hukum yang jelas dan memberi kedamaian hati serta kesejahteraan hidup umat muslim baik di dunia maupun diakhirat,” tambahnya.

Ketua DWP Kemenag Kotabaru berharap peringatan Nuzulul Qur’an mengajarkan untuk bersama menjaga dan memelihara kerukunan umat,sehingga meningkatkan pemahaman dan pengamalan dalam keagamaan. “Jadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup umat muslim untuk saling bekerjasama dan tolong menolong serta menuju ke perubahan yang lebih baik,” harapnya.

Ia menyampaikan nikmat umur yang diberikan Allah SWT agar dinikmati untuk beribadah kepada Allah SWT. Ayat-ayat suci Al Quran diturunkan dalam waktu 22 tahun, 2 bulan, 22 hari dengan jumlah 6.000 ayat lebih dan 114 surat bisa di tes dan bisa diuji.

“Kitab suci Al Quran tidak ada keraguan didalamnya petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa, isinya adalah kebenaran,” tambahnya.

Di akhir arahannya mengajak semua kaum muslim untuk merenungkan makna peringatan Nuzul Quran, terutama di bulan mulia yang penuh berkah, rahmat dan ampunan umat harus terus meningkatkan silaturahim dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan. “Al-Qur`an adalah pembawa cahaya dan penerang bagi kehidupan umat Islam,” ingatnya.

Editor:
Tina
Kontributor:
DWP Kemenag Kotabaru
Penulis:
Tina
Fotografer:
Tina

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -