Berita

Dukung Wujudkan Indonesia Emas 2045. Bimas Katolik Kemenag Ktb Siap Optimalkan Program Prioritas Kementerian Agama

Rabu, 28 Pebruari 2024 11:50 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) - Katolik Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru melalui Plt. Bimbingan Masyarakat (Bimas) Katolik menyatakan siap mendukung mewujudkan Indonesia Emas 2045 dengan mengoptimalkan 2 program prioritas dari 7 progaram prioritas yang telah ditetapkan Kementerian Agama, yakni moderasi agama dan transformasi digital.

Hal ini disampaikan Plt. Penyelenggara Bimas Katolik Agustinus Setyo Budiyono disela-sela mengikuti Rapat Kerja Nasional Pejabat Bimas Katolik Pusat dan Daerah selama tiga hari, 26-28 Februari bertempat di Merlynn Park Hotel Jakarta, Selasa (27/02/24).

Ia menjelaskan, moderasi agama merupakan upaya untuk membangun manusia dan mengajarkan cara pandang beragama yang benar, cara belajar memahami agama dengan benar dan tepat serta menjaga keseimbangan, kenetralan dalam pengamalan beragama adalah maksud dari Moderasi Beragama.

Dengan demikian, lanjut Agus, pentingnya penguatan kelembagaan agama sebagai bagian integral dari upaya menjaga kerukunan dan toleransi antar umat beragama sehingga dapat hidup bertoleransi tanpa ada kekerasan.

“Bimas Katolik terus memastikan cara beragama umat Katolik tetap moderat, yang tampak dalam sikap toleran, tanpa kekerasan, menghargai budaya dan memiliki komitmen kebangsaan,” katanya.

Selanjutnya terkait transformasi digital, ia mengatakan  bahwa program prioritas Kementerian Agama telah sejalan dengan program Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Dimana saat ini semua pegawai pemerintah harus akrab dengan berbagai aplikasi yang berbasis android.

Hal itu katanya telah menjadi sebuah kebutuhan dan keniscayaan. Seperti penggunaan aplikasi Pusaka, Srikandi, e-Kinerja dan lain-lain sangat berdampak positif dalam percepatan layanan administrasi yang sering kita gunakan.

“Dengan cara mengoptimalkan kemampuan terhadap perdigitalan, maka kita dapat memberikan informasi yang terkait kepada umat secara luas. Umat pun akan semakin mudah mengetahui tentang semua layanan yang ada di Kemenag,” ungkapnya.

Selanjutnya ia berharap Rakernas yang mengusung tema “Kerja cerdas Melaju Lebih cepat Menyukseskan Komitmen Kinerja” dapat mendorong transformasi birokrasi Kemenag yang profesional, akuntabel, dan transparan.

“Melalui Rakernas ini kami berharap dapat menjadi momentum untuk membangun sinergi, meningkatkan koordinasi dan inovasi sebagai upaya meningkatkan kualitas layanan dan pembangunan,” tandasnya. (Rep: Ulis / Ft: Agus)

Editor:
Ulis
Kontributor:
Tina
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Agus

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -