Berita

Ditandai Suara Sirine, Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar Resmi Buka MTQ ke-54 Tingkat Kabupaten Kotabaru

Selasa, 14 Mei 2024 09:24 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat nasional ke 54 tingkat Kabupaten Kotabaru yang dibuka secara resmi oleh bupati Kotabaru H. Sayed Jafar yang ditandai dengan suara sirine berlangsung di lapangan hijau Abdullah tanjung Sungkai kecamatan Pulau Laut tanjung selayar berlangsung meriah 

Pembukaan tersebut disaksikan langsung forkopimda, Sekretaris daerah, asisten dan staf ahli, kepala SKPD, forkopimca, ketua MUI, Kepala Kemeneg, ketua Tim Penggerak PKK, Ketua DWP, camat, kepala desa serta masyarakat, di Lapangan Hijau Abdullah Tanjung Sungkai Kecamatan Tanjung Selayar, Minggu malam (12/5/2024) 

Dalam sambutannya, Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar menyambut baik dan bangga kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) dan seluruh pihak penyelenggara MTQ Nasional tingkat kabupaten kotabaru ke 54.

Bupati juga menitipkan pesan kepada dewan hakim MTQ Nasional ke-54 tingkat Kabupaten Kotabaru, dalam pelaksanaan tugas menjunjung tinggi sportivitas dan keadilan.

“Untuk kafilah yang siap berkompetisi dan melanjutkan mewakili ke tingkat yang lebih tinggi, dengan harapan melalui MTQ ini menjadi daya tarik bagi generasi muda di ruang dakwah dan syiar agama, sehingga menjadi daya dorong percepatan pembangunan Kabupaten Kotabaru,” katanya.

Sementara Kepala Kemeneg Kotabaru H.Ahmad Kamal dalam sambutannya menyambut baik dengan adanya MTQ ini. Menurutnya ini menjadi sejarah dilaksanakan di kecamatan Pulau Laut tanjung Selayar.

Ka.Kankemenag juga menyampaikan bahwa MTQ adalah program pemerintah yang dicetuskan oleh kementerian Agama yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa serta agama yang kita hayati makin diperdalam, diperkokoh dan diperkuat.

“MTQ merupakan syiar bagi agama Islam dan membina generasi anak anak sehingga menjadi mahir dalam membaca Alquran,” ujarnya.

Lebih lanjut ia sampaikan, esensi dari MTQ bukanlah sekedar perlombaan, tapi yang terpenting bagaimana memaknai apa yang dibacakan pada momen MTQ, sekaligus mampu mengimplementasikan dan mengaktualisasikan dalam kehidupan keseharian sebagai umat beragama khususnya umat Islam.

“Mudah-mudahan melalui momentum MTQ ini, mampu melahirkan para peserta terbaik yang nantinya akan mewakili Kab. Kotabaru pada ajang MTQ tingkat provinsi di Kabupaten Banjar,” tandasnya. 

Pelaksanaan MTQ ke-54 Tingkat Kab. Kotabaru ini dimulai dari tanggal 12 - 17 mei 2024 diikuti oleh kafilah 22 Kecamatan se Kab. Kotabaru, dengan total peserta 507 orang. Adapun Cabang yang akan dilombakan diantaranya Seni Baca Al Qur'an, Qira'at Al Qur'an, Hafalan Al Qur'an, Tafsir Al Qur'an, Syahril Qur'an, Karya Tulis Ilmiah Al Qur'an, Fahmil Qur'an, Seni Kaligrafi, dan Bintang Vokalis. (Rep/Ft: Ulis)

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -