Berita

Disdukcapil Kotabaru Gelar Sosialisasi KIA Pada MTsN 1 Kotabaru

Senin, 22 Juli 2024 14:22 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (MTsN 1 Ktb) – Dalam rangka pemuktahiran data kependudukan khususnya pada anak usia sekolah, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotabaru menggelar Sosialisasi Kartu Identitas Anak (KIA) pada siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 (MTsN 1) Kotabaru, Senin (22/07/24) di Halaman MTsN 1 Kotabaru.

Dalam arahannya Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kotabaru Hj. Nurul Faridah, SE., M.Ec.Dev menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang definisi, kegunaan, dan pentingnya KIA bagi anak-anak yang berusia di bawah 17 tahun.

"Apabila kalian telah memiliki KIA, maka Anak-anak sekalian harus menjaga identitas mereka dengan baik dan benar, karena KIA merupakan data penting yang berbahaya jika disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab," Katanya.

Menurutnya dengan terbitnya KIA, anak-anak dapat mengenali identitas diri mereka sendiri, yang penting untuk berbagai keperluan administratif dan layanan publik.Dengan memiliki KIA, anak-anak dapat, mengenali identitas diri mereka sendiri, memperoleh berbagai layanan publik, seperti pendidikan dan Kesehatan, serta melindungi diri dari penculikan dan perdagangan anak”, Ucapnya.

Dijelaskannya bahwa di era digital ini penting bagi kita khususnya pada anak-anak untuk memiliki identitas diri yang resmi, yaitu dengan memiliki KIA guna memastikan anak-anak sejak usia dini sudah memiliki data digital pada aplikasi Disdukcapil. “ KIA memastikan bagi anak terdaftar secara resmi dan mendapatkan manfaat dari KIA tersebut”, Jelasnya

Ia berharap pihak madrasah dapat meningkatkan kesadaran para siswa-siswi MTsN 1 Kotabaru tentang pentingnya memiliki dan menjaga KIA dengan baik.

“ Pihak madrasah bisa mendorong para siswa yang belum mempunyai KIA untuk segera mungkin membuatnya dengan didampingi para orangtua ataupun guru, guna memastikan mereka mendapatkan manfaat dari kartu identitas tersebut”, Pungkasnya.

Sementara itu Kepala Madrasah (Kamad) MTsN 1 Kotabaru H.Adi Rosadi, S.Ag,MM menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan Disdukcapil dalam menyampaikan informasi tersebut.

“Kami mengucapkan terimakasih atas ketersediaan pihak Disdukcapil Kotabaru yang telah memberikan sosialisasi KIA di MTsN 1 Kotabaru” Ucapnya.

Menurutnya sosialisasi terkait dengan data kependudukan ini tentunya hal yang sangat penting terlebih di MTsN 1 Kotabaru masih banyak anak didik kami yang belum memiliki KIA. “ Dengan adanya sosialisasi ini, siswa siswi dapat memahami kegunaan dari memiliki KIA dan Disdukcapil dapat mefasilitasi siswa siswa kami untuk membuat KIA”, Ujarnya.

Adi berharap sosialisasi KIA ini dapat meningkatkan kesadaran siswa-siswi MTsN 1 Kotabaru tentang pentingnya memiliki dan menjaga KIA dengan baik.

“ Untuk siswa yang belum memiliki KIA dapat segera membuat KIA sebagai bukti dokumen kependudukannya”, Pungkasnya.

Editor:
Aan
Kontributor:
Madrasah
Penulis:
Humas MTsN 1
Fotografer:
Humas MTsN 1

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -