Berita

Ciptakan Pemilu Damai, Kemenag Doa Bersama Lintas Agama

Selasa, 13 Pebruari 2024 09:27 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) - Kementerian Agama (Kemenag) menggelar doa bersama lintas agama dari seluruh agama di Indonesia untuk keberlangsungan Pemilihan Umum (Pemilu) Damai di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (12/2/2024). 

Doa bersama lintas agama itu bertajuk “Pemilove” diwakilkan oleh remaja putra dan putri dari agama Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Buddha dan Konghucu. 

Dalam sambutannya Wakil Menteri Agama RI Saiful Rahmat Dasuki menjelaskan Kementerian Agama menyelenggarakan “Pemilove” Doa Bersama dimaksudkan untuk mengajak semua pihak membisikkan doa, mengetuk pintu langit seraya mengajak semua pihak agar Pemilu 20234 dapat berjalan lancar, aman dan damai.

“Melalui doa lintas agama kita memohon perkenan dan ridho Allah SWT Tuhan yang maha kuasa agar pemilu dapat berjalan lancara damai dam menggembirakan,” katanya.

Wamenag juga mengatakan semua pihak harus ikut menyukseskan penyelenggaraan Pemilu karena pesta demokrasi itu bukan hanya tanggung jawab KPU, Bawaslu, maupun KPPS semata, tetapi seluruh lapisan masyarakat termasuk anak muda, para pelajar dan mahasiswa yang hadir sebagai pemilih muda mengingat berdasarkan survei, Pemilu 2024 didominasi oleh generasi Z dan milenial.

“Lewat momen ini harapan kami para pemilih muda dapat melek politik kebangsaan, bukan politik partisan, sebab Pemilu 2024 ini akan didominasi oleh pemilih pemilih adalah Gen Z dan Gen Milenial berdasarkan survey berjumlah 56,02%, artinya setengah dari jumlah pemilih Indonesia,” katanya. 

Sementara itu, Ka.Kankemenag Kotabaru, Ahmad Kamal yang mengikuti Pemilove secara daring menyampaikan bahwa di masa tenang Pemilu tahun 2024 ini, ia bersama jajarannya hingga kepada para penyuluh agama di Kotabaru terus berupaya menciptakan pemilu damai pada 14 Februari nanti. Terutama kepada para ASN Kemenag Kotabaru dia berpesan untuk tetap bersikap netral.

“Di masa tenang ini, bekerjalah dengan tenang tidak perlu ribut-ribut tentang apapun. Pilihan itu ada dalam hati, gunakan hak pilih itu dalam hati, dalam artian pilihan anda tidak usah diumbar ke mana-mana,” pesannya.

selain itu dia juga berpesan agar ASN tetap menjaga kerukunan di daerahnya dalam menghadapi musim politik tahun karena Kotabaru telah memiliki modal indeks kerukunan yang baik.

“Kerukunan dan kedamaian di Kotabaru ini harus kita jaga dan ini menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai masyarakat,” tandasnya (Rep/Ft: Ulis)

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Mukhlisin
Fotografer:
Mukhlisin

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -