Berita

Belanja Di KPN Muawanah Kemenag Kotabaru Bisa Gunakan QRIS Bank BSI

Jumat, 13 Oktober 2023 12:19 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Dalam rangka turut mendukung program pemerintah menuju koperasi yang modern dan digitalisasi melalui transaksi non tunai, Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Muawanah Kantor Kementerian Agama (KanKemenag) Kabupaten Kotabaru mengembangan pembayaran transaksi berbasis Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) guna memudahkan transaksi secara cashless,

Ketua Koperasi KPN Muawanah Kemenag Kotabaru M.Yamin, S.Ag,MM mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Kotabaru karena telah diberikan kepercayaan menggunakan aplikasi Qris dalam sistem pembayaran.

“ Saya mencoba langsung untuk pertama kali melakukan transaksi pembayaran non tunai melalui Qris dan alhamdulillah sangat mudah penggunaannya”,Katanya, Kamis (12/10/23) di KPN Muawanah Kankemenag Kotabaru.

Sementara itu Kepala KanKemenag Kabupaten Kotabaru selaku pembina pada KPN Muawanah KanKemenag Kotabaru Dr.H.Ahmad Kamal, S.HI,M.Ag dalam keterangannya menyambut baik atas inovasi yang telah dilakukan oleh pengurus KPN Muawanah.

“ Ini merupakan langkah yang tepat bagi Koperasi KPN Muawanah yang anggotanya merupakan ASN Kemenag, sehingga dalam transaksi pembayaran lebih mudah dan praktis”, Ucapnya.

Ditambahkannya ke depan nanti usaha Koperasi bisa lebih dikembangkan untuk bekerjasama dengan UMKM lainnya dalam untuk memasarkan produk-produk UMKM seperti oleh-oleh khas Kotabaru, hal ini tidak lain karena kita sering kedatangan tamu dari luar daerah.

“ Dengan sistem pembayaran non tunai melalui Qris tersebut dapat memberikan kemudahan dan kecepatan dalam layanan kepada para anggotanya”, Tambahnya.

Sebelumnya Kepala Cabang BSI Kotabaru yang diwakili oleh salah seorang stafnya M.Riski menjelaskan bahwa penggunaan Qris dalam teknologi pembayaran digital merupakan standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019. "Kalau ada yang memudahkan dan aman, mengapa tidak” Jelasnya.

Untuk diketahui beberapa keuntungan menggunakan QRIS saat bertransaksi di antaranya, transaksi cukup dengan scan, tak perlu menggunakan uang tunai, dan terhindar dari risiko uang palsu serta pelaku usaha juga tidak repot lagi menyiapkan angsulan," celetuknya.

Ia melanjutkan, selain lebih mudah, dengan Qris semua transaksi tercatat jelas. Baik itu transaksi masuk maupun transaksi keluar. “ Ditambah lagi transaksinya dengan QRIS, dijamin lebih mudah," bebernya.(Rep/Ft:Aan)

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -