Berita

Apel Pagi, Ka.Kankemenag Ktb Tegaskan Pentingnya Melaporkan Realisasi Anggaran Secara Tepat Waktu Dan Akurat

Senin, 2 September 2024 12:01 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag KTB) – Kantor Kementerian Agama Kab. Kotabaru menggelar apel pagi senin di halaman kantor kemenag kotabaru. bertindak selaku pembina upacar Kepala  Kantor Kementerian Agama Kab. Kotabaru H. Ahmad Kamal,  diikuti semua pegawai Kantor Kemenag kotabaru, Senin (02/09/24) di halaman setempat.

Dalam Amanatnya Ka.Kakemenag Ktb menegaskan pentingnya pelaporan semua laporan keuangan yang telah terealisasi oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pengelolaan keuangan di lingkungan kemenag kotabaru dapat berjalan dengan lebih efisien dan terstruktur.

Kepala Kantor menyampaikan bahwa seluruh laporan keuangan yang sudah dilaksanakan harus segera dilaporkan melalui aplikasi Digitalisasi Laporan Keuangan (DILAN) Kemenag Kotabaru. Langkah ini dinilai sangat penting untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan anggaran, serta mempermudah proses pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan program-program yang telah direncanakan.

“Setiap PPK wajib melaporkan realisasi anggaran secara tepat waktu dan akurat. Ini bukan hanya tentang memenuhi kewajiban administrasi, tetapi juga sebagai upaya kita bersama untuk memastikan bahwa anggaran yang telah dialokasikan benar-benar digunakan sesuai dengan perencanaan, dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat,” ujar Ka.Kankemenag

Selain itu, Ka.Kankemenag juga menekankan bahwa dengan adanya pelaporan yang terintegrasi dalam satu sistem aplikasi, akan meminimalisir kemungkinan terjadinya kesalahan atau ketidaksesuaian dalam pelaporan keuangan. Hal ini sekaligus menjadi bagian dari upaya peningkatan kualitas tata kelola keuangan di lingkungan Kemenag Kotabaru.

“Dengan pengelolaan keuangan yang lebih efisien dan terstruktur, kita dapat mengoptimalkan penggunaan anggaran untuk program-program prioritas. Ini juga memungkinkan kita untuk melakukan penyesuaian atau perbaikan jika diperlukan, sehingga setiap program yang kita jalankan dapat memberikan hasil yang maksimal,” tambahnya.

Di akhir arahannya, Kepala Kantor berharap agar seluruh PPK dan pihak terkait dapat menjalankan kewajibannya dengan penuh tanggung jawab, sehingga tujuan pengelolaan keuangan yang baik dan transparan

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -